15 Tahun Bersatu Membangun Banten

Koranbanten.com – Seiring waktu berjalan dan tahun berganti, pada hari minggu tanggal 4 Oktober 2015 Provinsi Banten genap berusia 15 tahun. Dengan mengambil tema “Dengan Semangat HUT ke-15 Provinsi Banten Kita Tingkatkan Daya Saing Daerah Menuju Rakyat Banten Sejahtera Berlandaskan Iman dan Taqwa” dan Sejalan Dengan Tema Gerakan Nasional Pada 70 Tahun Indonesia Merdeka yaitu “Ayo Kerja”. Diharapan dapat meningkatkan semangat dan komitmen semua untuk selalu bersatu membangun Banten lebih maju dan sejahtera.

Peringatan HUT ke-15 Provinsi Banten digelar melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Banten dipimpin Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah di ruang rapat paripurna DPRD Banten, Minggu (04/09).

Dalam peringatan HUT Banten ini, Gubernur Banten Rano Karno tak henti-hentinya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para penggagas dan pendiri yang telah berjuang tanpa pamrih dan tulus ikhlas, sehingga Banten menjadi Provinsi dengan disahkannya Undang-Undang nomor 23 tahun 2000 pada tanggal 4 oktober 2000.

Teriring doa semoga segenap upaya mulia yang dilakukan menjadi catatan amal ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT, serta bagi para penggagas dan pejuang yang telah wafat mendahului kita semoga arwahnya mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SWT,” ucap Rano.

Gubernur juga menjelaskan, sebagaimana tradisi yang selalu dilakukan, bahwa momentum peringatan hari ulang tahun saatnya untuk bermuhasabah dan introspeksi atas hasil-hasil kinerja yang telah telah dilaksanakan. Evaluasi dan introspeksi diperlukan sebagai bahan koreksi atau perbaikan perjalanan Banten kedepan, yang difokuskan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat, peningkatan pelayanan umum dan peningkatan daya saing daerah.

Kita patut bersyukur, pembangunan yang telah kita laksanakan bersama seluruh komponen masyarakat dan pemerintah kabupaten /kota, selama kurun waktu 15 tahun, secara umum menunjukkan tingkat kemajuan yang telah berhasil kita capai. pendapatan asli daerah dari tahun ke tahun terus meningkat secara signifikan dimana pada tahun 2001 pendapatan asli daerah Provinsi Banten sebesar Rp212,39 milyar dan APBD Rp490,36 milyar, hingga pada perubahan APBD tahun anggaran 2015 yang telah disetujui bersama DPRD, pendapatan asli daerah meningkat menjadi Rp5,06 trilyun dan APBD Rp9,27 trilyun,” sebutnya.

Peringatan HUT ke-15 Provinsi Banten berlangsung meriah, diawali dengan pembacaan risalah pembentukan Provinsi Banten oleh tokoh masyarakat Banten Didi Supriyadi, sambutan dari Irsyad Juwaeli sebagai tokoh pementukan Provinsi Banten, dan arahan dari Tjahyo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri.

Diusianya yang ke-15, semoga Provinsi Banten mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan di Banten dan terus memacu pembangunan kesejahteraan rakyat diseluruh wilayah Banten,” kata Tjahyo Kumolo.