4 Mesin Penggerak Ekonomi Untuk Gantikan Sektor Komoditas

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,3 persen, hal ini berarti melebihi target tahun lalu yang hanya 4,79 persen.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Soebroto pun memberikan komentarnya terhadap hal tersebut, Kamis (30/3/2016) di Kantor Kementrian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, ia meyakini bahwa Indonesia akan mencapai target tersebut dengan melakukan transformasi terhadap sumber pemasukan yang sebelumnya sangat mengandalkan sektor ekspor komoditas.

Ia pun menambahkan menurutnya terdapat empat mesin ekonomi yang dapat digerakkan oleh pemerintah agar target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai. Ke-empat mesin ekonomi ini nantinya yang akan menggantikan sektor komoditas yang selama ini menjadi andalan ekspor Indonesia.

“Jadi ada empat mesin pembangunan yang dapat digerakkan oleh pemerintah agar target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai, diantaranya infrastruktur, SDM, SDA dan ilmu pengetahuan”

menurutnya jika keempat tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah bukan hal yang mustahil jika 2019 nanti pertumbuhan ekonomi akan mencapai lebih dari 6 persen. @Nadya (dari berbagai sumber)