5 Efek Samping Pemakaian Mouse Terlalu Lama

koranbanten.comPemakaian mouse terlalu lama di depan komputer, menyebabkan beberapa dampak negatif pada area tangan dan lengan. Beberapa efek ringannya menyebabkan tangan menjadi pegal-pegal.

Kenali dampak lain pemakaian mouse terlalu lama, dikutip dari lamanThehealthsite, Jumat (22/7/2016).

Menghitamkan pergelangan tangan

Orang yang menggunakan mouse dalam waktu yang lama dan rutin, dapat menyebabkan kerutan hitam pada pergelangan tangan. Tak ada salahnya menggunakan mouse dengan tangan kiri untuk menghindari kerutan hitam.

Nyeri siku

Mengetik di hadapan komputer dalam waktu yang lama, dapat memungkinkan terjadinya nyeri siku. Salah satu cara efektif untuk mencegah terjadi nyeri siku adalah dengan menjaga ketinggian keyboard sejajar atau lebih rendah 30 derajat dari siku Anda.

Nyeri lengan

Duduk terlalu lama dengan postur yang sama dari waktu ke waktu, serta siku yang bertumpu di hadapan meja, mendatangkan rasa nyeri pada lengan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan siku berada di posisi yang lebih rendah. Lebih baik tidak menekuk pergelangan tangan dan lengan, posisi ini meminimalkan kram dan nyeri pada lengan.

Ketegangan di leher dan bahu

Bekerja di hadapan komputer selama 8 jam atau lebih dapat menyebabkan nyeri dan linu antara otot leher dan bahu. Hal ini disebabkan postur tubuh yang salah. Anda bisa melakukan peregangan setiap beberapa jam sekali, untuk menghindari nyeri yang berlebihan. Duduk dengan posisi tegak dan tidak membungkuk adalah kunci agar tidak terjadi ketegangan antara otot leher dan bahu.

Tendinitis

Penggunaan mouse yang berlebihan juga menyebabkan kondisi tendinitis atau peradangan pada tendon. Misalnya, nyeri pada jari yang sering terpakai untuk mengetik. Cara mudah untuk meringankan rasa sakit karena tendinitis adalah dengan sering melakukan peregangan pada tangan dan jari-jari tangan. @DF