Alquran & Sains: Bumi Memiliki Tujuh Lapis

koranbanten.com – Studi geologi membuktikan bahwa Bumi memiliki tujuh lapisan yang diidentifikasi dari dalam ke luar. Namun sebelum penelitian tersebut dilakukan, Alquran telah lebih dahulu menceritakan bahwa Bumi memang terdiri dari tujuh lapis.

“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu,” bunyi QS. Ath-Thalaaq ayat 12.

Hadits lain yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Shahih Al-Bukhariy, Kitab Bad’ Al-Wahy juga mendukung fakta tersebut. Barangsiapa berbuat kezaliman (menyerobot tanah orang lain meski hanya) sebatas satu jengkal saja, maka ia akan dikalungkan kepadanya dari tujuh (lapis) Bumi,” bunyi hadits tersebut.

Sementara itu, ilmu geologi menemukan bahwa tujuh lapisan Bumi dari tengah termasuk inti dalam, inti luar, mante bawah, mantel atas, transisi Astenosfera, kerak samudera atau benua dan Litosfera. Hal ini tidak mungkin diketahui masyarakat yang hidup 1.400 tahun lalu. @DF