Alun-Alun Barat Kembali Untuk Ruang Terbuka Publik

Koranbanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan mengembalikan fungsi Alun-alun Barat Serang sebagai ruang terbuka publik. Setelah Pemkot Serang mengambil alih pengelolaan aset dari Pemerintah Kabupaten Serang. Hal tersebut menyusul akan dilakukannya serah terima aset tahap II oleh Pemkab Serang ke Pemkot Serang, yang salah satu diantaranya berupa Alun-alun Barat Serang.

Menurut Jaman, saat ini Alun-alun Barat Serang kerap dijadikan lokasi penyewaan mainan anak, sehingga terkesan seperti pasar malam. Maka dari itu, pasca diserahkan ke Pemkot Serang nanti, Alun-alun Barat Serang akan dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka publik.

“Alun-alun barat harus dikembalikan sebagai ruang terbuka publik, tempat warga Kota Serang berinteraksi satu sama lain, bukan seperti pasar seperti selama ini. Nantinya setelah dikelola oleh Pemkot Serang, pedagang yang kerap berada di dalam Alun-alun Barat akan dialihkan. Begitu juga dengan pedagang yang diluar kawasan tersebut,” ujar Jaman saat ditemui usai Paripurna di Gedung DPRD Kota Serang, Kamis (03/12/2015).

Oleh sebab itu, nantinya Pemkot Serang akan menolak seluruh izin yang kegiatannya seperti pasar malam. Bahkan, seluruh kegiatan di sekitar Alun-alun yang selama ini kerap meresahkan masyarakat, seperti live musik.

“Saya juga sering mendapat pesan singkat dari ulama, terkait keberadaan kegiatan yang menjurus maksiat di sekitar Alun-alun tersebut. Saya pun merasa resah dengan kegiatan tersebut. Saya pun sudah sering meminta kepada Kasatpol PP untuk menertibkan kegiatan tersebut,” katanya.

Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan setelah dialihkan nanti, Pemkot Serang hanya tinggal mengikuti aturan yang ada saja sesuai dengan fungsi yang sebenarnya dari alun-alun. “Dengan begitu, Alun-alun tidak akan lagi seperti pasar, namun sesuai fungsinya yakni ruang terbuka publik. Memang sudah seharusnya Alun-alun itu menjadi ruang terbuka publik, tempat untuk warga bersosialisasi,” paparnya.

Terpisah, Kasatpol PP Kota Serang, Mujimi mengatakan setelah dialihkan nanti siap untuk menertibkan. “Menertibkan itu sudah tugas kami. Apalagi itu perintah dari pak Walikota. Kita selalu siap,” tuturnya.(bad)