Anak-anak Korban Bencana Longsor di Mancak Dapat Tas Baru dan Dihibur dengan Mendongeng

koranbanten.com – Anak-anak korban banjir bandang dan longsor di Desa Cikedung, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang mendapatakan penanganan trauma pasca bencana (trauma healing) dengan kegiatan bermain dan mendongeng dari relawan gabungan peduli bencana.

Trauma healing yang digelar di SDN Cikedung, Sabtu 6 Agustus 2016 ini, diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya mendongeng yang oleh relawan dari Kampung Dongeng Cilegon, Pertunjukan Sulap Badut dari IAIN Syarif Hidayatullah Serang, pembagian tas dan alat tulis dari Laskar Sedekah Jabodetabek, dan pertunjukan musik beatbox.

Sementara bagi orang dewasa juga disediakan pemberian baju layak pakai, pengobatan gratis, dan pelatihan handy craft.

Koordinator Relawan Aden mengatakan, penanganan pasca bencana sangat penting untuk mengembalikan semangat hidup anak-anak dan menghilangkan traumatik akibat bencana yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Dengan mendongeng, bermain, serta mendapatkan hadiah tas beserta isinya, diharapkan mampu memulihkan semangat anak-anak,” kata Aden.

Melalui kegiatan ini juga, disisipkan pesan moral kepada anak-anak untuk memberikan wawasan cinta lingkungan, yakni agar selalu merawat dan menjaga hutan agar tetap hijau.

“Penting sekali anak-anak paham dengan kondisi lingkungan. Sehingga bisa memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan hingga dewasa nanti,” kata Aden. @DF