Apresiasi 10 Pokok Program PKK

koranbanten.com – “Habis Gelap Terbitlah Terang” menyiratkan makna hijrahnya suatu peradaban perempuan untuk lebih berpikir positif, maju, selalu berjuang dalam meningkatkan ekonomi, juga kesejahteraan keluarga dan masyarakat pada umumnya. Itulah yang dipaparkan Nuraeni, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten. Baginya Hari Kartini juga penuh dengan nilai historis yang mengisahkan perjalanan seorang perempuan yang terus berjuang demi memerdekakan kaumnya.

Peranan perempuan dalam pembangunan daerah, menurut penilaiannya sudah mulai banyak berubah ke arah yang lebih baik. Mulai dari perjalanan histroris peradaban perempuan, dan masa sekarang perempuan telah banyak berkontribusi dalam andil pembangunan di daerah-daerah. Di desa telah tersebar dan aktif seperti PKK, Posyandu, juga pengurus RT/RW serta adanya forum lembaga-lembaga sebagai bentuk respons positif.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi gerakan PKK terhadap program-program pembangunan. Sepuluh pokok program PKK adalah upaya percepatan pembangunan di daerah. Salah satunya adalah pembangunan khusus dalam bidang kewanitaan yang dibantu peran PKK. Sehingga di desa bisa dikembangkan dan ditingkatkan program-program tersebut,” paparnya. Ia pun menekankan kemandirian perempuan di tiap-tiap desa. Pembinaan PKK harus terus dilakukan secara massif dan continue agar pengembangan terus meningkat dan kedudukan perempuan semakin diakui.

Ia sendiri mengaku tidak kesulitan dalam membagi waktu antara karier dan waktunya bersama keluarga. Komitmen bersama antar anggota keluarga sangatlah diperlukan. “Saya juga berkomitmen tidak membawa pekerjaan saya ke rumah. Di rumah saya fokus untuk mengurus rumah, suami, dan anak-anak. Kalau kita sedang dalam konteks berkumpul keluarga, ya kita membicarakan masalah-masalah keluarga. Seperti perencanaan pengembangan anak ataupun hal-hal yang dapat mengharmoniskan keluarga kecil saya,” ujarnya dengan ramah.

“Saya merasa bersyukur dan bangga terhadap munculnya pemimpin-pemimpin perempuan di tanah air. Mudah-mudahan dengan hadirnya para pemimpin perempuan bisa membangkitkan gairah-gairah perempuan setanah air untuk terus meningkatkan kiprah di semua bidang. Perempuan bisa semakin maju dan meningkatkan daya saing. Semakin kuat perempuan, semakin bisa melahirkan generasi yang kuat pula,” harapnya.

“Untuk seluruh perempuan di Indonesia, teruslah berjuang menggali potensi diri sedalam-dalamnya agar kita tahu potensi apa yang dimiliki di dalam diri masing-masing. Ketika digali terus, maka potensi akan muncul dengan sendirinya sehingga meninggkatkan sumber daya manusia di seluruh tingkatan seperti pendidikan informal dan pendidikan formal . perempuan harus pintar!” imbuhnya. @AANG