Asda I Minta 5 Hektar di Cinangka Sebagai Jalur Evakuasi

Agus Erwana selaku ASDA I Kabupaten Serang meminta 3 sampai 5 Hektar di Cinangka hingga Anyer, diamankan sebagai jalur evakuasi untuk mengevakuasi apabila terjadi bencana alam. Rabu, (11/01/2017).

“Apabila tidak terjadi bencana Alam, tanah tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang lain. seperti perkemahan yang berada di sekitar masyarakat, juga berdekatan dengan tanah yang sudah direncanakan untuk zona jalur evakuasi,” kata Agus.

Menurutnya, BPBD sebagai pelaku utama yang menangani bencana, diwajibkan untuk mempunyai tenaga di lapangan sebagai tugas pokok kegiatan penanggulangan bencana. “Baik penanganan bencana besar maupun kecil menjadi tanggung jawab BPBD sesuai dengan koordinator wilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Nanda selaku Koordinator BPBD mengatakan, pihaknya memperkuat unit-unit rescue untuk membantu penanggulangan bencana di sekitar Kabupaten Serang serta menambah system informasi dan komunikasi tentang bencana. “Pada tahun 2017 ini, konsep kegiatan dasar kurang lebih sama dengan tahun 2016, akan tetapi pointer banyak yang berbeda,” katanya.

 “Pada saat di lapangan terjadi bencana, BPBD bertugas untuk memfasilitasi kegiatan yang ada di lapangan,” imbuh Nanda.(Wisnu/Faiz)