B.J. Habibie Resmikan Aliansi Sekolah Islam Internasional

KORANBANTEN.com – Presiden ketiga RI BJ Habibie meresmikan Aliansi Sekolah Islam Internasional atau “International Islamic Schools Alliance” (ITTISHAL) Surakarta, sekaligus membuka konferensi “International Conference on Islamic Education (ICIE) 2016” di The Sunan Hotel, Solo, Senin.

Aliansi sekolah-sekolah Islam ini didirikan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus Surakarta, Ponpes Modern Islam Assalaam, dan sekolah Islam “Institut Prive Alif” di Prancis.

Habibie mengharapkan aliansi ini saling memberikan informasi yang tidak menggurui sehingga melahirkan sinergi positif dalam memajukan generasi mendatang.

Di depan peserta konferensi ICIE, Habibie mengharapkan aliansi sekolah internasional dapat saling belajar dari kesalahan sendiri agar tidak terulang di kemudian hari dan mengingatkan pentingnya mempersiapkan SDM andal yang salah satunya dengan menyinergikan agama, budaya dan ilmu pengetahuan teknologi.

“Sinergi antara agama dan budaya akan menjadikan manusia memiliki iman dan taqwa yang tinggi,” kata Habibie.

Ia menyebut kelahiran Aliansi Sekolah Islam Internasional  harus memperkuat potensi dan melahirkan generasi yang memiliki daya tahan kokoh dari segala dampak negatif zaman.

Menurtu Presiden Direktur ITTISHAL Eny Rahma Zaenah, konferensi ICIE 2016 digelar selama tiga hari sampai Rabu lusa 12 Oktober dengan dihadiri 300 delegasi dari India, Swedia, Sudan, Malaysia, Afrika Selatan, Mozambik, Brunei Darussalam, Kanada, dan Indonesia.

Eny menjelaskan ITTISHAL berusaha mengembalikan kejayaan Islam melalui pendidikan dan berharap satu atau dua generasi mendatang meraih kejayaan dengan mengembangkan riset serta melahirkan ilmuwan muslim andal dalam bidang riset. @DF