Badan Kepegawaian Negara Optimalkan Computer Asissted Test

KORANBANTEN.com – Sepanjang tahun 2016 sudah ada tujuh Unit Penyelenggara Terpadu (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang terbentuk salah satunya adalah UPT BKN yang terletak  di Kota Serang yang diresmikan pada 7 September 2016. Ada dua tugas pokok BKN dalam menjalankan tugasnya yaitu menyelenggarakan seleksi calon dan penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Juardi, Kepala UPT BKN untuk Provinsi Banten melalui palayanan berbasis Computer Asissted Test (CAT) objektifitas dan kenetralan dalam seleksi calon  dan kompetensi ASN dapat terjamin dan mampu menghindari praktik suap dalam penyelenggaraan seleksi tersebut.

“CAT ini menjawab keluhan masyarakat yang selama ini selalu mengaitkan proses seleksi dengan nepotisme (kekeluargaan),” ungkap Juardi pada majalahteras.com, Jum’at (09/12).

Untuk uji kompetensi ASN yang dilakukan BKN diantaranya adalah untuk penataan pegawai dan promosi jabatan.

“ Kami juga mempunyai  Asessor yang bertugas menguji kompetensi PNS yang akan naik pangkat. Dalam teknisnya asessor akan mengujikan materi sesuai dengan jabatan yang akan diterima oleh PNS tersebut. Selain materi-materi pokok yang berkaitan dengan jabatan tersebut Asessor juga akan menguji dengan umum dan tes psikologi,” jelas Juardi. @NIKO