Bank Singapura Tawarkan Chat Banking seperti Facebook Messenger

Bank POSB memperkenalkan fungsi dari chat onlineyang mampu menanggapi ucapan konsumen. Hal ini merupakan pemanfaatan artificial intelligence (AI) untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan melalui POSB Digibank Virtual Assistant yang juga tersedia di Facebook Messenger.

Pelanggan dari bank yang merupakan bagian dari DBS ini akan dapat berbicara dengan chatbot selama 24 jam. Teknologinya sendiri dikembangkan dalam kemitraan dengan perusahaan teknologi AS Kasisto untuk membuat asisten virtual dengan pengetahuan perbankan yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berbasis suara.

Jeremy Soo, kepala kelompok perbankan konsumer di DBS, mengatakan bahwa mereka ingin pelanggan merasa nyaman dengan aplikasi yang sudah umum digunakan penggunasmartphone. “Kami tahu pelanggan kami menghabiskan waktu berbicara tentang aplikasi mobile messaging favorit mereka dan kami membenamkan diri dalam perjalanan pelanggan dengan membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman untuk terlibat bersama kami,” ujarnya seperti dilaporkan Computer Weekly, Selasa (24/1/2017).

“Dengan POSB Digibank Asisten Virtual, pelanggan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan kami seperti ketika mereka berhubungan dengan kontak mereka, tidak ada lagi panggilan dan tidak ada lagi antrean hanya untuk mendapatkan respons. Pelanggan juga dapat segera melihat ke depan untuk melakukan transaksi perbankan mereka melalui layanan ini,” tambahnya.

Sekadar informasi, POSB mulai bekerja pada layanan ini pada September 2016 dan telah menghabiskan lebih dari 11.000 jam pelatihan asisten virtual, dengan pertanyaan aktual dan tanggapan yang diambil dari pusat pelanggan bank. Asisten virtual belajar dari waktu ke waktu dan akan mampu merespons lebih akurat karena membangun pengetahuan. @DF