Baru Selesai Makan Tapi Sudah Lapar Lagi? Ngemil Protein Saja

proteinAgar berat badan tetap terjaga, banyak orang yang kemudian menganggap ngemil sebagai sebuah larangan. Padahal ngemil boleh-boleh saja kok, namun dianjurkan untuk memilih camilan kaya protein.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ngemil makanan yang banyak mengandung protein seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mengatasi rasa lapar yang membandel tanpa membuat gemuk.

Camilan seperti ini juga mencegah keinginan Anda untuk ngemil makanan yang tak sehat, termasuk di antaranya camilan manis, bergula dan berlemak.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa makan camilan yang tinggi protein, terutama di siang atau sore hari, dapat membantu remaja meningkatkan kualitas diet dan mengendalikan nafsu makan,” papar salah seorang peneliti dari University of Missouri, Dr Heather Leidy, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (26/4/2015).

Dalam penelitian ini, tim melibatkan sekelompok remaja laki-laki dan perempuan berusia 13-19 tahun. Setelah diamati pengaruh dari camilan dengan nafsu makan serta kinerja kognitif peserta, peneliti menuyimpulkan bahwa ketika remaja mengonsumsi camilan tinggi protein, maka keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak akan berkurang.

Sebelumnya dilaporkan bahwa sarapan tinggi protein seperti telur juga dapat membantu mengurangi lapar berlebihan sepanjang hari. Para ahli mengatakan menu sarapan kaya protein seperti daging, kacang-kacangan dan telur dapat meningkatkan kadar dopamin, zat kimia dalam otak yang mengatur nafsu makan.

sumber : detik.com