Beberapa Jenis Makanan Yang Baik di Konsumsi Selama Kehamilan

Koranbanten.com – Ketika seorang wanita hamil, ia tak lagi makan untuk dirinya sendiri melainkan untuk perkembangan janin didalam kandungannya. Berarti wanita itu hamil bukan saja harus berbagi nutrisi dan makanan dengan bayinya, tetapi membutukan nutrisi ekstra untuk memastikan tubuhnya kuat menanggung pertumbuhan bayi didalam perutnya selama 9 bulan.

Tubuh seorang wanita mengalami banyak perubahan selama kehamilan.hasil konsumsi makanan dan nutrisi membutuhkan perubahan. Salah satu faktor terpenting untuk kesehatan dan keselamatan baik untuk ibu dan bayi didalam perutnya. Berikut berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

1). Telur
Telur tak hanya mengandung protein, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, telur dapat memenuhi vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh Ibu. Telur juga dapat membantu perkembangan otak bayi.
2). Kencing Lentil
Kencing lentil contohnya kacang merah dan kacang hijau termasuk jenis serat yang dibutuhkan untuk melawan konstipasi. Kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan folat sehari-hari dan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu. Kacang-kacangan bisa dibuat sup dengan campuran salad.
3). Sayuran Berdau Hijau
Sayur-sayuran berdaun hijau kaya dengan kalsium dan folat, contohnya bayam, brokoli, dan sejenisnya. Jenis sayuran inbi akan memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi dan vitamin C. Sayur-sayuran ini bisa dikombinasi dengan berbagai makanan sehat lainnya.
4) Buah-Buah Berry
Buah-buahan kelompok berry, yaitu strawberry, cranberry, blueberry dan sebagainya. Buah-buahan ini kaya dengan vitamin C, selain itu buah-buahan ini kaya folat dan serat yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan.
5). Susu
Tubuh wanita hamil sangat membutuhkan kalsium dua kali lipat lebih banyak dibanding wanita biasa. Kondisi tulang dalam tubuh harus lebih kuat untuk menahan bayi didalam perut sampai saat kelahiran tiba. Hindari mengonsumsi susu rendah lemak selama kehamilan.
6). Pisang
Buah ini mengandung potassium dan dapat menguranfi rasa mual selama kehamilan. Pisang bersifat lembut didalam perut dan sehat untuk dikonsumsi selama hamil.
7). Oatmeal
Oatmeal akan memberi energi untuk beraktivitas, selain itu akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
8). Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan lemak dalam tubuh dan memberikan energi pada tubuh. Kacang-kacangan membantu perkembangan otak bayi didalam kandungan. @Ani Susanti