Begini Cara Menangani Benjol Lepuhan Akibat Herpes

KORANBANTEN.com – Semua orang pasti tidak menginginkan musibah penyakit datang pada dirinya, termasuk cold sore. Merupakan sebuah benjolah lepuhan akibat virus herpes simplex tipe 1. Hampir 40 persen di antara wanita pernah mengalami kejadian ini.

Untuk menghindari dan mengurangi pembengkakan akibat virus ini, ketahui tips menangani cold sore, dikutip dari lamanWomenshealthmag, Jumat (21/10/2016).

Kurangi stres

Menghindari si benjolan kecil ini terjadi pembengkakan adalah menghindari stres yang berlebih. Pasalnya, stres berlebih dapat memicu terjadinya inflamasi pada benjolan herpes ini. Jika Anda bisa menangani stres dengan baik, bisa mempercepat proses penyembuhan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain mengelola stres dengan baik, jangan lupa untuk beristirahat dan mengonsumsi makanan yang mendukung kekebalan tubuh. Sehingga menghindari terjadinya pembengkakan.

Membuang lipstik

Cold sore memang bisa menular. Sementara itu, Anda menunda pemakaian lipstik terlebih dahulu. Jika sudah terlanjur memakaianya, buang segala perangkat riasan bibir yang telah terkontaminasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah saudara atau teman Anda tertular dari virus yang satu ini.

Jangan digaruk

Mona Gohara, M.D., asisten profesor klinik dermatologi di Yale University, menyarankan agar cold sore jangan digaruk. Jika digaruk, infeksi bisa meradang dan memperparah keadaan kulit Anda.

Berkonsultasi ke dokter

Jangan biarkan berlama-lama virus ini menetap di tuuh Anda. Cobalah pergi ke dokter, sehingga Anda benar-benar mendapatkan penanganan dan pengobatan khusus. @DF