Berbekal Layar 5,1 Inci, Samsung Galaxy S8 vs iPhone 6S Plus

KORANBANTEN.com – Samsung dikabarkan segera merilis Galaxy S8 pada 2017. Konon ponsel flagship pabrikasi asal Korea Selatan tersebut akan datang dengan kemasan layar 5,1 inci yang menggunakan panel OLED.

Handset ini diklaim sebagai salah satu perangkat paling menarik di tahun depan, dengan mengusung spesifikasi top-end, dan Samsung juga merencanakan perbaikan besar-besaran pada desain, serta beragam fitur menarik lainnya.

Pertama, Samsung Galaxy S8 akan menampilkan sejumlah perubahan desain antarmuka terkemuka jika dibandingkan dengan Galaxy S7, termasuk penghapusan tombol Home fisik.

Berdasarakn laporan ETNews, manufaktur disebutkan ingin menghilangkan tombol Home, namun bukan untuk mengintegrasikan fungsi dari teknologi pemindaian sidik jari dalam layar.

Tak hanya itu, perencanaan untuk menghilangkan bagian sisi tepi atas dan bawah layar untuk Galaxy S8 juga akan dilakukan. Pasalnya, layar yang digunakan adalah OLED yang dibangun oleh manufaktur display Samsung.

Berbicara soal layar OLED, Principal Engineer Samsung Display, Park Won-sang mengatakan, bahwa perusahaan akan menyajikan layar OLED dengan rasio screen-to-body yang lebih besar dari 90%.

“Kebanyakan ponsel saat ini hadir memiliki rasio rata-rata 80%, maka dari itu nantinya pada layar screen Galaxy S8 dan S8 Edg. Samsung akan menggunakan layar 4K,” ujarnya seperti dikutip dari Trustedreviews, Kamis (10/11/2016).

Meski begitu, secara jelas panel layar itu berukuran 5,1 inci untuk Galaxy S8 dan fitur layar 5,5 inci untuk Galaxy S8 Edge, sehingga memungkinkan Samsung lebih bersaing dengan Apple iPhone 4,7 inci dan iPhone 5,5 inci.

Layar tersebut menggunakan teknologi LED-backlit IPS LCD yang menampilkan resolusi full HD 1080 x 1920 piksel retina display, dengan kerapatan mencapai 401 ppi (pixel per inchi).

Untuk menunjang kinerja, iPhone 6S Plus sudah menjalankan iOS 9 pada tampilan antarmuka khas Apple. Menyeroti jeroannya, ditenagai chipset Apple A9 yang dipasangkan dengan prosesor dual core 64-bit, clock speed berkecepatan 2 GHz, dan RAM 2 GB. @DF