Bos Apple & Microsoft Disebut Cocok Jadi Kandidat Wapres Amerika

KORANBANTEN.com – Pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Apple Tim Cook kini dipertimbangkan kandidat presiden dari Demokrat, Hillary Clinton, untuk menjadi wakilnya. Hal ini diketahui berdasarkan e-mail bocor yang dipublikasikan Wikileaks.

E-mail tersebut dikirim oleh pemimpin kampanye John Podesta pada 17 Maret. Nama dua tokoh teknologi tersebut ada di antara 37 nama lainnya yang dipertimbangkan sebagai wakil presiden (wapres).

Selain Gates, istrinya Melinda juga menjadi kandidat yang dipertimbangkan Clinton. Melinda menjadi pendiri badan amal yang juga menggunakan namanya.

Pemimpin bisnis lain yang ada di daftar tersebut antar lain CEO General Motors Mary Barra, pendiri Bloomberg News dan mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg, CEO Xerox Ursula Burns, CEO Coca-Cola Muhtar Kent, Presiden Rockefeller Foundation Judith Rodin, dan CEO Starbucks Howard Schultz.

Clinton akhirnya memilih wakil presiden, Senator Tim Kaine dari Virginia dan mantan saingan Senator presiden dari kandidat Partai Demokrat Bernie Sanders dari Vermont yang juga masuk daftar. E-mail tersebut tidak menjelaskan secara detail mengenai munculnya nama-nama tersebut.

Cook kemudian mengadakan penggalangan dana untuk Clinton pada Agustus. Pada Juni, Cook juga mengadakan penggalangan dana untuk speaker Republik di DPR, Paul Ryan.