Buka Rakor Gakkumdu Pilgub Banten, Kapolda: Bekerjalah Secara Profesional

KORANBANTEN.com – Kapolda Banten, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajaran Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) Pilgub Banten, yang terdiri dari Bawaslu, Polda, dan Kejati bekerja secara profesional.

“Saya berharap seluruh peserta baik dari Bawaslu, Jaksa dan Penyidik Polri bisa saling mengenal dengan baik untuk menyamakan visi dan misi penegakan hukum terpadu pada Pilkada Gubernur, jangan ada perbedaan karena akan menghambat kinerja,” kata Sigit saat memberikan sambutan pada acara Rakor Gakkumdu di Hotel Le Dian Kota Serang, Jumat (21/10).

Ia juga meminta agar Gakkumdu dapat bekerja secara profesional dengan selalu menjunjung tinggi institusi masing-masing, dan semua tindakan yang dilakukan harus sesuai dengan SOP (Standar Operational Procedur) dan payung hukum yang berlaku.

“Penyidik, Jaksa dan Bawaslu harus netral. Tidak boleh berpihak kepada salah satu calon, karena akan berisiko besar baik terhadap diri pribadi, institusi maupun Bangsa dan Negara. Hindari kekeliruan baik dalam menerima laporan, dalam melakukan penyelidikan, penyitaan,” ujarnya.

“Untuk mengamankan dan menyukseskan jalannya Pemilukada Gubernur Banten kita harus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas, bekerja dengan ikhlas,” sambung Sigit.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Thantowi kepada wartawan mengatakan, bahwa dalam penanganan kasus baik berupa laporan atau temuan pelanggaran di lapangan, pihaknya akan melakukan secara objektif.

“Kita tidak memiliki batasan peroleh temuan atau laporan, tentu kita harus harus objektif dalam menangani laporan dan temuan,” katanya. @DF