Bupati Serang Dianugerahi Ibu Sanitasi Oleh Australia

koranbanten.com – Pemerintah Australia melalui Kedutaan Besar (Kedubes) Australia memberikan anugerah Ibu Sanitasi kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi dan komitmen Tatu dalam menuntaskan masalah sanitasi dan lingkungan di Kabupaten Serang.

Pemberian anugerah diberikan Kedubes Australia yang diwakili oleh Minister Counsellor for Economic, Infrastructur dan Governance, Steven Barraclough di Ratu Hotel Bidakara, Kamis (11/8). “Penghargaan ini tentu saja menjadi tantangan dan juga motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Serang untuk menyelesaikan persoalan infrastruktur sanitasi di Kabupaten Serang,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan serah terima program hibah infrastruktur dari Australia untuk sanitasi melalui kemitraan Australia Indonesia (Australia-Indonesia Infrastructure Grant for Sanitation-sAIIG). Pada program tersebut, ditargetkan 2.580 keluarga atau sambungan sanitasi air bersih. Sebanyak 650 sambungan telah dilaksanakan.

Minister Counsellor for Economic, Infrastructur dan Governance, Steven Barraclough mengatakan, anugerah Ibu Sanitasi diberikan sebagai apresiasi atas komiten Tatu sejak jadi Wakil Bupati Serang dalam mendorong masyarakat sadar akan pentingnya sanitasi yang sehat. “Ibu Bupati Serang telah menjadi penggerak masyarakat untuk memiliki perilaku hidup bersih dan menjaga sanitasi lingkungan,” ujarnya.

Kabupaten Serang sendiri merupakan satu dari 43 pemerintah daerah penerima program sAIIG. Melalui APBD Kabupaten Serang, telah diluncurkan program pengentasan masalah sanitasi. “Kabupaten Serang menjadi kabupaten pertama yang dapat menyelesaikan hibah program sAIIG,” ujarnya. @DF