Chrome Beta Baru Usung Fitur ‘Progressive Web Apps’

Chrome beta terbaru akan memberikan pengguna fitur yang disebut “Progressive Web Apps”. Fitur ini memunginkan pengguna untuk menambahkan pintasan sebuah situs pada layar home ponsel.

Jika Anda membuka sebuah situs di Chrome beta Android, Anda akan mendapatkan opsi “tambahkan ke layar utama”. Nantinya, pintasan situs ini akan muncul pada layar utama ponsel seperti berbagai aplikasi lainnya.

Kemudian Anda dapat mengendalikan notifikasi dalam kontrol manajemen pemberitahuan Android, bukan pada pengaturan Chrome seperti situs web biasa.

Dijelaskan Google, Progressive Web Apps menggunakan HTML dan web fitur untuk membuat situs yang handal, cepat dan menarik. Untuk menambahkan fitur ini, Google menggunakan fungsi yang disebut “service workers”, dengan chace dari sumber kunci sehingga situs akan dimuat lebih cepat bahkan jika Anda tidak terhubung ke

Google juga menjelaskan situs yang tersimpan ini akan terasa seperti aplikasi yang tersemat pada ponsel.

Fitur ini dirilis Google ditujukan agar pengguna bisa menemukan aplikasi tanpa harus men-download-nya. Chrome beta terbaru versi 57.0 sudah bisa Anda download di Play Store. @OPIK