Dari Pertanian, Meretas Jalan Menuju Dunia Robotik

koranbanten.com – Setelah puluhan tahun absen dari pergulatan dunia robotik, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) akhirnya kembali meramaikan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 di Bandung pada pertengahan Mei (18-20) yang lalu.

Pada lomba Kontes Robot Indonesia Regional II yang digelar di Telkom University, Bandung. Perwakilan IPB mengirimkan 2 tim, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

Dari kedua tim yang dikirimkan IPB ke ajang Kontes Robot Indonesia. Muncul beberapa nama mahasiswa yang kembali menghidupkan dunia robotik dari IPB, yaitu M. Rofiq Gempur Tirani, Muhammad Lutfir Rahman, Bung Daka Putera, Sutan Muhammad S.A, Abdul Ghofur, Ahmad Safrizal, dan Tengku Arsya.

Walaupun dalam kesempatan tersebut para mahasiswa Institut Pertanian Bogor itu tidak mendapatkan gelar juara. Tetapi mereka mendapatkan kepuasan tersendiri karena dapat memunculkan kembali nama IPB di dunia robotik tanah air, setelah sempat absen selama puluhan tahun.

“Kami merasa senang dan puas dengan penyelenggaraannya. Walaupun kami dari IPB belum dapat menjuarai, tetapi kami akan terus meretas jalan untuk mendalami dunia robotik, jika saat ini kami belum berhasil, tetapi kami mohon doa dan dukungan semoga tahun ini UKM Robotika IPB dapat terbentuk, sebagai wahana mahasiswa dan adik adik mahasiswa kami di kemudian hari dapat menyempurnakan karya kami untuk kepentingan masyarakat pertanian dan masyarakat secara luas,” demikian dikatakan Rofiq yang juga alumnus SMA 1 Cilegon ini. [FARS]