Dermaga VI Pelabuhan Merak Ditargetkan Beroperasi Akhir Februari 2017

KORANBANTEN.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan, Dermaga VI Pelabuhan Merak yang saat ini sedang dalam proses pembangunan ditargetkan beroperasi pada akhir bulan Februari 2017 mendatang.

Hal itu dikatakan Rini saat meninjau Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain meninjau proses pembangunan dermaga, ia juga mengatakan bahwa selama proses arus mudik Hari Raya Natal di Pelabuhan Merak cukup terkendali.

“Jadi ini Dermaga VI, jadi rencananya Pak Faik (Dirut PT ASDP), Pak Menteri sebagai penanggungjawab proyek mengatakan, dermaga ini akhir Februari bisa dipakai, jadi kita targetkan akhir Februari,” ujarnya di Merak, Senin (26/12/2016).

Rencana pembangunan dermaga di Pelabuhan Merak hanya akan sampai Dermaga VII. Meski demikian, proses pembangunan Dermaga VII diakui masih ada beberapa kendala kewenangan pelabuhan yang masih dipegang oleh Pelindo II.

“Dermaga VII itu memang areanya Pelindo II tapi sudah kita bicarakan untuk dapat dikerjasamakan. Untuk daerah ini supaya di-manage saja oleh ASDP sehingga lebih efisien dan efektif,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, beberapa rumah warga yang masih berdiri di area pelabuhan menjadi pekerjaan rumah untuk segera diselesaikan. Menteri Rini bahkan mengusulkan agar proses pembebasan lahan di area Dermaga VII segera diselesaikan agar dermaga terakhir tersebut segera beroperasi.

“Dan memang ada juga beberapa rumah-rumah yang menyambung ke sana, yang memang kita harapkan juga dapat dibebaskan atau dikerjasamakan,” tandasnya. @df