Dijilat Kucing, Mata Wanita Ini Alami Kebutaan

kucingKucing merupakan hewan yang menggemaskan dan dipelihara oleh banyak orang. Bermain dan menghabiskan waktu dengan kucing adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat bersama kucing agar tidak mengalami nasib yang sama dengan wanita ini.

Janese Walters, wanita asal Ohio ini mengalami kebutaan di mata kirinya setelah kucing peliharaannya menjilat dan menyebarkan infeksi cat scratch disease (CSD). Ia awalnya mengira matanya hanya kemerahan saja. Ketika ia mengungkapkan kepada dokter bahwa ia memelihara kucing, dokter segera memeriksa kondisinya.

“Kondisi mata Janese disebabkan ekpos dari mulut kucing termasuk goresan yang pernah dijilat kucing,” ucap dr Kris Brickman dari University of Toledo seperti dikutip dari Fox News pada Senin (1/6/2015).

Kris juga menambahkan bahwa ‘goresan kucing’ tidak memberikan risiko kesehatan bagi kucing lainnya, tetapi dapat berpengaruh terhadap manusia. Kris menyarankan pemilik kucing untuk mencuci tangan setelah bermain dengan kucing. Ia mengatakan 40 persen dari kucing mempunyai bakteri yang menyebabkan CSD.

“Jangan biarkan kucing menjilat luka terbuka dan usahakan jangan terkena gigitan kucing,” imbuhnya.

Janese berharap kisah yang ia alami bisa menjadi pelajaran bagi pemilik kucing lainnya untuk lebih berhati-hati. “Anda pasti tidak ingin kehilangan penghilatan seperti yang saya rasakan,” ucapnya.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), CSD dapat memengaruhi otak, mata, jantung, atau organ dalam lainnya. Meskipun komplikasi serius dari penyakit ini jarang ditemukan, penyakit ini dapat membutuhkan penanganan intensif. Kasus penyakit ini sering dijumpai pada anak kecil di bawah usia 5 tahun dengan sistem imun yang lemah.

sumber ; detik.com