Dinas PUPR Perbaiki Jalan Rusak

Koranbanten.com – Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kota Tangerang menerjunkan tim gerak cepat untuk melakukan perbaikan jalan berlubang di Jalan Kota Tangerang. Jalan berlubang dengan diameter sekitar satu meter tersebut dikhawatirkan akan melebar karena ada retak di sekitarnya.

“Kita targetkan jalan yang berlubang itu cepat selesai, agar bisa digunakan pengguna jalan,” kata Kadis PUPR, Nana Trisyana, Minggu (23/4/2017)

Menurut dia, proses perbaikan harus dilakukan dengan cepat karena Jalan-jalan tersebut digunakan warga yang cukup ramai berlalu lalang. Dia juga mengklaim sudah mendatangkan sebuah back hoe” ukuran kecil untuk menggali tanah di sekitar lokasi yang ambles.
Meski target perbaikan selama satu hari selesai, namun pihaknya mengupayakan dapat diselesaikan lebih cepat. Selain itu, pihaknya juga memaksimalkan pengadaan jalan-jalan mulus di seluruh pelosok Kota Tangerang, Dinas PUPR menggelar perbaikan Jl. Ir Juanda di Kecamatan Batuceper yang berakses ke Bandara Soekarno-Hatta.

Dikatakan, Para petugas memperbaiki bagian-bagian jalan yang rusak berlubang dan retak-retak di sepanjang jalan protokol itu dengan batu makadam dan aspal.

Sebelum pengaspalan ulang, jalan yang diampar batu dipadatkan dengan menggunakan mesin stemper.

“Di Jl Moh Toha sedikitnya ada 20 lubang yang berhasil kita tambal. Kemudian di Jl Arya Kemuning, dan kini di Jl Prabu Kiansantang yang memang ada sejumlah titik kerusakan harus ditambal salah satunya di jalan depan Rusun Gebang Raya,” paparnya.

Dia juga menambahkan pemeliharaan jalan yang kini dilakukan dengan menggunakan paving-blok bersifat sementara selama musim penghujan. Berbeda dengan hotmix yang ketika musim hujan ini lebih mudah rusak, penambalan dengan paving lebih tahan lama, yaitu bisa tahan 3 hingga 4 bulan.

Warga pun merasa lega karena Pemkot Tangerang telah melakukan perbaikan di Jalan ini. “Kami lega jalan yang rusak diperbaiki, kalau truk besar yang lewat itu sering buat debunya kemana mana jadi kami dan keluarga juga sering terkena debu di jalan ini, pokoknya sangat menggangu, apalagi kalau musim hujan tambah parah bagi warga untuk melintasinya,” ujar Fajar, warga Pasar Baru, Kota Tangerang.

Pengendara yang sering melewati jalan M Toha ini juga ikut senang kepada pemerintah dengan diperbaikinya Jalan tersebut, apalagi sebelum diperbaiki memang sempat diprotes warga tentang kondisi jalan yang kerusakannya sangat parah, terlebih saat hujan kendaraan biasa tidak bisa melintas karena banjir .

“Saya setiap hari kalau kerja lewat sini mas, kebetulan kerja daerah sini juga, wah parah dulu mas motor saya pernah mogok disini sekitar beberapa meter tergenang air di sini mas, syukur sekarang diperbaiki semoga perbaikannya sesuai dengan yang diharapkan masyarakat sehingga tidak rusak-rusak lagi,” ungkap Budi. [ary]