Disparbud DKI Gelontorkan Rp 8 Miliar untuk Jakarnaval 2015

karnavalDalam rangka menyambut hari jadi DKI ke-488, Pemprov DKI menggelar pawai seni dan budaya Jakarnaval 2015 pada Minggu (7/6) mendatang. Khusus tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI menggelontorkan dana sebesar Rp 8 miliar.

“Betul Rp 8 miliar untuk artis, panggung, sound system, kaus, iklan TV, radio, umbul-umbul, poster, buku acara, ID Card, tari garapan, tari kolosal, AC, dokumentasi, tenaga ahli, MC, konsumsi, keamanan, snack, HT, sewa genset dan sewa kendaraan,” ujar Kadisparbud DKI Purba Hutapea kepada detikcom, Jumat (5/6/2015) malam.

Jakarnaval 2015 mengusung tema ‘Gempita Jakarta’ karena melibatkan berbagai elemen kelompok seni untuk mempromosikan budaya Betawi. Sedikitnya nanti ada 35 komunitas hobi dan seni budaya yang akan memeriahkan jalannya karnaval tersebut.

Kegiatan itu nantinya akan dimeriahkan sejumlah artis dan grup ternama Ibu Kota, seperti Zaskia Gotik, Trio Macan, Fitri Karlina, d’Massiv, Wali, Budi Doremi, Kerispatih dan JKT 48.

Jakarnaval 2015 sedianya akan diadakan pada 22 Juni bertepatan dengan HUT Jakarta. AKan tetapi, dikarenakan tengah memasuki bulan puasa maka acara tersebut dimajukan menjadi 7 Juni 2015.

Kegiatan parade akan dimulai sejak pukul 12.00 WIB. Sementara itu, pelepasan peserta karnaval oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama dilakukan pukul 15.30 WIB. Namun belum diketahui apakah Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ikut membuka Jakarnaval 2015 atau tidak.

“Rencana, Gubernur yang buka,” sambungnya.

Sama seperti Jakarnaval 2014, Purba memastikan Ahok tidak akan menaiki kuda. Mantan Bupati Belitung Timur itu pun memiliki alasan kenapa tidak mau naik kuda.

“Saya kan shio kuda, masa kuda naik kuda. Hehe..,” ucap Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Senin (23/6/2014) lalu.

Adapun rute peserta parade Jakarnaval dimulai dari Plaza Timur Monas menuju Jl Medan Merdeka Utara, Jl Medan Merdeka Barat, Jl MH Thamrin dan Bundaran HI. Sedangkan kelompok komunitas hobi dan seni budaya akan berbelok ke Jl Medan Merdeka Selatan dan finish di Silang Barat Daya Monas.

“Terkait dengan rute yang dilalui peserta Jakarnaval 2015, Dinas Perhubungan DKI akan melakukan pengalihan arus lalu lintas hingga pukul 17.00 WIB. Sementara kegiatan hiburan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB,” tutup Purba.

Jakarnaval merupakan acara yang digelar rutin setiap tahunnya. Pada perayaan HUT DKI yang ke-486, Joko Widodo yang kala itu masih menjadi Gubernur DKI Jakarta ikut berkeliling dalam Jakarnaval menyapa masyarakat sambil naik kuda dan didandani kontum pawai yang bak kaisar pulang berperang. Dia mengendarai kuda jinak warna coklat yang tingginya hampir sepantaran orang dewasa. Di kepalanya, ada semacam hiasan putih mirip mahkota.

Sementara tahun lalu, dalam Jakarnaval bertemakan ‘Keajaiban Topeng Nusantara’ Ahok tidak lagi ikut naik kuda berkonvoi dengan mengenakan kostum unik seperti yang dilakukan Jokowi sebelumnya. Dia lebih memilih duduk di podium.

sumber : detik.com