Dua Aktivis Pers Banten Mendapat Anugerah Wartawan Utama dari Dewan Pers

KORANBANTEN.com – Dewan Pers memberikan penghargaan kepada 26 insan pers yang telah mengabdikan dirinya minimal 25 tahun di dunia jurnalistik secara kontinyu berupa Anugerah Wartawan Utama (1/9) di Gedung  Dewan Pers.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menjelaskan dari sekitar 43 ribu media online di Indonesia, hanya 211 yang lolos verifikasi atau bersertifikat. Dan dari 2.000 media cetak, hanya 460-an yang lolos verifikasi Dewan Pers.

Dari 26 insan pers yang mendapat Anugerah Wartawan Utama, 2 orang berasal dari Provinsi Banten yaitu H. Agus Sandjadirdja Penanggungjawab dan Pemimpin Redaksi www.koranbanten.com dan H. Hasan Dian dari Pemimpin Umum www.korantangerang.com

Penyerahan penghargaan tersebut juga diisi diskusi mengenai Sertifikasi Kompetensi Wartawan.

Dalam diskusi Yosep Adi Prasetyo Ketua Dewan Pers mengatakan sekitar 43 ribu media online di Indonesia, hanya 211 yang lolos verifikasi atau bersertifikasi, dan dari 2.000 media cetak hanya sekitar 460 yang lolos verifikasi Dewan Pers.

Ini artinya, kata pria yang akrab disapa Stenly, ada persoalan kualitas media atau wartawannya. “Pada saat Hari Pers Nasional kita akan sampaikan, narasumber berhak menolak diwawancarai oleh wartawan tanpa sertifikasi,” terangnya.

Sementara menurut Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers Hendry CH Bangun, saat ini jumlah wartawan bersertifikasi kurang lebih 8.000 dari asumsi total wartawan di Indonesia sekitar 80.000. “Tujuan sertifikasi adalah menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan,” terang Hendry. (GUS)