Dua Gol Cepat Vietnam Tak Mampu Runtuhkan Semangat Tim Garuda

KORANBANTEN.com – Sempat ketinggalan melalui dua gol cepat yang diciptakan para pemain Vietnam, Indonesia yang tampil untuk kedua kali di pentas Internasional pasca pencabutan sanksi FIFA, akhirnya mampu memaksakan hasil imbang 2-2, pada pertandingan uji coba di Stadion Manguoharjo, Jogja, Minggu (9/10) sore.

Dua gol cepat Vietnam pada pertandingan yang disaksikan puluhan ribu suporter tersebut diciptakan oleh Le Van Tuan pada menit ke-4 dan Vun Minh pada menit 12. Gol Tim Garuda sendiri disumbangkan oleh Zulham Zamrun di menit 26 dan Irfan Bachdim di menit ke-28.

Tidak melakukan terlalu banyak perubahan dibandingkan pertandingan uji coba pertama kontra Malaysia, Alfred Riedl masih mempercayakan duet lini depan terhadap Boaz Salossa dan Irfan Bachdim, sementara dua sisi sayap tetap diisi Andik dan Zulham.

Hanya lini tengah yang coba sedikit diubah Riedl, dimana Bayu Pradana yang pada pertandingan kontra Malaysia dimainkan sebagai starter dibangku cadangkan pelatih asal Austria tersebut untuk menduetkan Evan Dimas dan Dedi Kusnandar.

Meski tidak terlalu banyak perubahan, namun kesiapan tim tamu yang sudah cukup lama mempersiapkan tim untuk tampil di Piala AFF 2016, terlihat jelas lebik baik dibandingkan Timnas Indonesia. Hasilnya, baru empat menit pertandingan berjalan, lini pertahanan Indonesia dikejutkan oleh tendangan jarak jauh penyerang nomor punggung 19 tersebut tidak mampu dibendung Andritany, 1-0 Tim Garuda ketinggalan.

Kebobolan cepat membuat Boaz Salossa, dkk mulai melancarkan serangan, menit ke-7 sebuah blunde penjaga gawang Vietnam, gagal dimanfaatkan Zulham, sempat dijatuhkan dalam kotak penalti, wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Indonesia. Baru mencoba untuk menyerang, serangan cepat Vietnam lagi-lagi mampu membobol gawang Timnas Indonesia pada menit ke-12, akselerasi pemain nomor punggung 8, Nguyen Trong Hoang dari sisi kiri mampu disambut Vun Minh Tuan dengan tendangan setengah volli dan membawa timnya menjauh 2-0.

Meski ketinggalan dua gol dalam waktu cepat, Tim Garuda tetap mencoba bangkit, menit 26 Zulham membuka asa Timnas melalui gol indahnya, sebuah tendangan bebas yang dilepaskan pemain Persib Bandung tersebut dari jarak 35 meter mampu membobol gawang Tran Nguyen Manh untuk memperkecil ketinggilan 1-2.

Gol tersebut mampu memompa semangat Tim Garuda, satu menit berselang, anak asuhan Alfred Riedl mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Irfan Bachdim. Terciptanya gol tersebut tidak lepas dari kerja keras Andik Vermansyah dari sisi kanan yang mampu melepaskan umpan tarik ke kotak penalti yang disambut Zulham, bola tendangan pemain nomor punggung 10 itu mampu dicocor Irfan untuk menyamakan kedudukan 2-2.

Sukses menyamakan kedudukan, semangat Timnas mengejar ketinggalan semakin terlecut, menit 36 peluang emas Boaz melalui sundulan, sayang masih sedikit di atas mistar. Sampai waktu 45 menit pertama berakhir, skor 2-2 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, baik Timnas Indonesia maupun Vietnam tetap menunjukkan permainan menekan. Namun, pergantian yang dilakukan kedua pelatih membuat permain menjadi kurang menarik, sehingga peluang emas jarang didapat. Akhirnya, skor 2-2 menutup pertandingan. @DF