Duet Fitur Stories Instagram vs Snapchat

koranbanten.com – Instagram belum lama ini meluncurkan fitur baru yakni Instagram Stories. Fitur ini sekilas menyerupai milik Snapchat dengan nama yang sama.

Shooting Story

Aplikasi Snapchat langsung meluncur ke layar kamera, sehingga menembak foto atau video baru untuk Story lebih mudah, hanya dengan menekan satu tombol. Sementara di Instagram, pengguna bisa mengakses kamera untuk Stories dengan menggeser dari arah kiri dari main feed atau dengan menekan tanda plus di sudut kiri atas aplikasi. Kedua aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan video panjang hingga 10 detik.

Browsing Stories

Hal menarik dari Instagram yakni memilih menempatkan Stories-nya di depan dan tengah. Semua Stories muncul di bagian atas main feed (umpan utama) dan dalam urutan teman-teman terdekat pengguna, seperti ditentukan algoritma.

Stories di Snapchat, di sisi lain adalah meningkatkan peringkat secara kronologi dengan yang terakhir diperbarui di bagian atas. Salah satu perbedaan di antara keduanya adalah bagaimana pengguna menavigasi antar-Stories.

Doodle dan Emoji

Alat gambar Instagram lebih maju dibanding Snapchat. Sementara Snapchat menggunakan alat geser untuk memilih warna, Instagram menjabarkan semua warna berdampingan. Ada juga alat yang digunakan untuk mengubah ukuran pena. Selain itu, Instagram menawarkan tiga alat pena berbeda mencakup pen, marker, dan satu lagi disebut neon.

Sementara emoji, Snapchat menawarkan sesuatu yang lebih fleksibel. Instagram sekarang hanya memungkinkan pengguna untuk menambahkan emoji melalui bar teks ketika Snapchat menawarkan menambahkan emoji di mana saja pada gambar yang dibuat.

Mengirim Foto

Platform Snapchat dan Instagram memungkinkan pengguna membagikan foto lama ke Stories. Namun mereka memiliki cara berbeda. Instagram hanya memungkinkan pengguna membagikan foto yang diambil dalam 24 jam terakhir, sementara Snapchat memungkinkan berbagi apa pun yang disimpan ke Memories.

Chatting

Baik Snapchat maupun Instagram memungkinkan pengguna memulai percakapan dari Stories teman. Pada Snapchat, hanya perlu tekan ‘chatting’ atau swipe ke atas pada sebuah Stories untuk memulai percakapan. Sementara di Instagram, pengguna hanya perlu tekan ‘send a message’ atau swipe up.

Siapa yang Bisa Melihat?

Snapchat dan Instagram memiliki pengaturan privasi serupa yang tersedia untuk Stories. Di Snapchat, pengguna pilih semua orang atau hanya teman yang bisa melihat. Sementara di Instagram, Stories mempertahankan pengaturan privasi yang sama sebagai umpan utama. @DF