Elia Massa Manik Resmi Duduki Direktur Utama Pertamina

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini secara resmi mengangkat Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mulai 16 Maret 2017. Hal ini diputuskan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Pemilihan Elia sebagai Direktur Utama Pertamina didasari pada rekam jejak kinerja, kepemimpinan, pengalaman dan kapabilitas yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan Pertamina dalam menjaga soliditas sebagai perusahaan energi nasional yang bertugas menjaga kemandirian energi negara.

Menanggapi pengakatan dirinya, Elia menyatakan, dalam 100 hari kerja pertamanya akan meningkatkan komunikasi guna menciptakan tim yang solid di intern Pertamina. Dia juga banyak menerima pesan dari stakeholder dan komisaris utama agar selalu terbuka dan transparan dengan semua direksi.

“Karena kunci dari kesuksesan itu keterbukaan di antara semua direksi. Semuanya bertanggung jawab atas semua sendi-sendi Pertamina. Karena yang namanya perusahaan bisa terus berkembang dan sustain karena SDM-nya. Karena juga direksi-direksi yang ada mereka punya strength di bidang energi,” ujarnya, beberapa jam setelah pengangkatannya, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Dia mengatakan, begitu banyak agenda di Pertamina dari pemerintah untuk menciptakan kedaulatan energi. Elia berjanji akan melakukan akselerasi agar Pertamina agar bisa mendukung kedaulatan energi.

“Karena di sini kita sebagai eksekutor-eksekutor dan sudah seharusnya melayani publik,” imbuhnya.

Kedua, lanjut dia, dalam akselerasi harus diukur, dan harus lebih terbuka untuk ke depannya ke semua sektor. “Karena Pertamina ini kan banyak anak-anak perusahaan, jadi kalau anak-anak perusahannya maju, semua akan maju. Kemajuan itu harus terukur. Saya dalam pengalaman sebelumnya ingin semua terbuka dan terukur,” tandasnya. @OPIK