Enam Momen saat Taufik Hidayat Juara Indonesia Open

Lahir pada 10 Agustus 1981 di Bandung, Taufik Hidayat tumbuh berkembang menjadi atlet bulu tangkis harapan Indonesia. Benar saja, dirinya memang menjadi sosok yang paling berbahaya di kelas tunggal putra. Bahkan, Taufik Hidayat sempat berada di puncak ranking tunggal putra.

Pernah membawa Indonesia meraih medali emas Olimpiade, Taufik Hidayat juga terkenal garang ketika tampil di Indonesia Open. Bahkan, Taufik Hidayat telah meraih enam gelar di ajang tahunan tersebut. Berikut ini enam gelar yang berhasil diraih Taufik Hidayat di Indonesia Open.

Indonesia Open 1999

Digelar di Denpasar, Bali, Indonesia terus berjaya di hampir setiap kelas. Namun dalam gelaran Indonesia Open kali ini, semua mata tertuju kepada sosok Taufik Hidayat. Meski pertarungan Ricky Subagja/Rexy Mainaky vs Candra Wijaya/Tony Gunawan tak bisa dilewatkan, Taufik Hidayat sukses mencuri perhatian.

Taufik kala itu berhasil meraih gelar Indonesia Open pertamanya saat mengahdapi Budi Santoso. Taufik menang dua set langsung, meski set pertama harus dilalui dengan berat.

Indonesia Open 2000

Indonesia hanya berhasil meraih dua kemenangan pada Indonesia Open 2000 yang digelar di Jakarta. Kemenangan tersebut berhasil diraih Candra Wijaya/Tony Gunawan dan Taufik Hidayat. Pada pertandingan final tunggal putra, Taufik menang mudah melawan wakil Malaysia, Ong Ewe Hock dengan skor 15-5 dan 15-13.

Indonesia Open 2002

Tak mendapat gelar pada 2001, Taufik Hidayat kembali menunjukkan keganasannya di edisi 2001. Bertempat di Surabaya, Taufik Hidayat bertemu dengan lawan berat yakni Chen Hong. Beruntung pada partai final, Taufik berhasil meraih gelar ketiganya di ajang Indonesia Open.

Indonesia Open 2003

Final ulangan terjadi pada edisi 2003 di Batam. Ketika itu, Taufik kembali bertemu dengan Chen Hong. Sama seperti edisi sebelumnya, Taufik menang dua set langsung. Kemenangan kali ini menjadi sangat berarti karena Taufik menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang mengibarkan bendera Indonesia di podium pertama.

Indonesia Open 2004

Pertarungan antara Chen Hong dengan Taufik kembali terjadi. Seolah menjadi laga ulangan, Taufik kembali menang melalui dua set langsung yakni dengan skor 15-10 dan 15-11.

Indonesia Open 2006

Gelar terakhir Taufik Hidayat diraih pada gelaran Indonesia Open 2006 di Jakarta. Pada partai final, Taufik bertemu dengan Bao Chunlai. Pada pertandingan puncak tersebut, Taufik menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-19. @OPIK