FKPT Provinsi Banten Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan – Peran Pemuda Dalam Pencegahan Terorisme

Koranbanten.com, TANGERANG SELATAN – Dalam rangka hari sumpah pemuda, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Banten menggelar Dialog Wawasan Kebangsaan Pemuda, Rabu (28/10) bertempat di STIA Ahmad Dahlan Ciputat Tangerang Selatan, sebagai upaya peningkatan peran pemuda dan wanita dalam kehidupan bermasyarakat dan pembangunan daerah.

Dialog yang bertemakan pemberdayaan tokoh pemuda perempuan dalam rangka pencegahan terorisme di Provinsi Banten dihadiri Ketua FKPT Provinsi Banten, Bigjen Polisi Hj. Rumiah, S.Pd, MH, Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany, Tokoh Pemuda dan mahasiswa Kota Tangerang Selatan. Dan Narasumber dari Sekretaris MUI Kota Serang Dr. KH. Amas Tadjudin, Ketua GP Anshor KH. A. Imron SE, KH. Rasyid Syakir.

Dalam sambutannya Walikota Kota Selatan Airin Rahmi Diany mengatakan dunia pemuda adalah dunia yang penuh semangat, dinamika dan perubahan. Dimanapun pemuda selalu menjadi bagian dalam sebuah perubahan yang terjadi, termasuk dalam konteks perjalanan sebuah bangsa.

“Saat ini, menjadi saat yang sangat relevan untuk membahas peran generasi muda, terutama dikaitkan dengan pertanyaan apa yang bisa dilakukan dan disumbangkan oleh generasi muda terhadap bangsa ini,” ujar Airin.

Bagi Kota Tangerang Selatan, Katanya, pemerintah Kota telah melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan semangat kebangsaan. Seperti mengoptimalkan potensi pemuda dengan mendorong dan memfasilitasi setiap kegiatan dalam menunjang keaktifan pemuda. Namun tidak lupa pula membangkitkan kesadaran dan rasa nasionalisme, sehingga mampu mandiri dalam berkiprah dalam pembangunan daerah.

“Saya berharap, bersama jajaran pemkot menaruh perhatian yang serius pada upaya peningkatan peran kaum perempuan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga harus lebih jeli melihat mana yang harus lebih mendapatkan prioritas utama dan mana yang menjadi prioritas berikutnya. Jangan sampai ada hal yang justru utama malah diabaikan. Disinilah letak sesungguhnya kamampuan kaum perempuan,” harap Airin.

Sementara itu Ihwanudin Syarif Ketua Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Perempuan FKPT Provinsi Banten mengatakan kegiatan yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini sebagai upaya memberikan wawasan kepada pemuda di Banten dalam pencegahan paham radikalisme. (IDA/WR)

FKPT Provinsi Banten Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan
Pengurus FKPT Provinsi Banten foto bersama Walikota Tangerang Selatan