Gangguan Sinyal di Jakarta Barat, Ini Penyebabnya

1433201photo14780x390Sejumlah pelanggan seluler yang berada di wilayah Jakarta Barat mengeluhkan adanya gangguan layanan. Masalah ini ternyata bersumber dari terbakarnya gardu induk PLN di kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Kebakaran tersebut berdampak pada pemadaman arus listrik di sejumlah wilayah tersebut. Base Transceiver Station (BTS) operator seluler yang berada di wilayah tersebut pun otomatis terganggu karena masalah pada pasokan listrik, sehingga turut mengganggu layanan mereka.

Head of Media Relation Telkomsel, Aldin Hasyim mengonfirmasi masalah tersebut. Menurut keterangannya, kebakaran tersebut berdampak matinya sejumlah BTS dan menyebabkan penurunan kualitas layanan SMS, telepon, dan data.

“Saat ini, Telkomsel sedang memobilisasi pasokan listrik menggunakan genset,” imbuhnya.

Selain Telkomsel, XL Axiata juga mengaku mengalami masalah serupa. BTS mereka yang berada dalam naungan gardu induk PLN di kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, turut terganggu.

“Benar, sebagian pelanggan XL di area tersebut mengalami gangguan, dampak dari kebakaran gardu PLN. Saat ini kami sedang berupaya agar layanan bisa secepatnya pulih,” ujar Public Relation Manager XL Axiata, Henry Wijayanto. (amdi sofyan)