Gelandangan dan Pengemis Binaan Panti Disalurkan Bekerja

Gelandangan dan Pengemis Binaan Panti Disalurkan Bekerja

Gelandangan dan pengemis yang telah mendapatkan pembinaan di panti milik Dinas Sosial DKI Jakarta ini diterima bekerja di peternakan ayam. Panti Sosial Bina Karya Harapan Jaya telah menyalurkan 25 orang warga binaan ke PT. Ayam Petelur Kemiri Jaya, Tangerang, Banten.

Pelaksana Tugas Panti Sosial Bina Karya Harapan Jaya, Ngapuli Paranging-angin mengatakan, warga binaan yang disalurkan merupakan hasil seleksi dari beberapa orang yang telah mendapatkan pembinaan.

“Peternakan membutuhkan tenaga kerja, dan kami menyiapkan warga binaan yg siap untuk bekerja. Sehingga terjadilah kesepakatan lalu dibuatkan perjanjian berita acara,” ujar Ngapuli saat dihubungi, Jumat (24/3).

Ia melanjutkan, sejak Januari awal tahun ini ia menjalin kerja sama dengan peternakan. Hal ini dilakukan karena bagian dari tugas panti untuk menyalurkan warga binaan yang siap bekerja di perusahaan.

“Kami berikan kesempatan mereka yang ingin bekerja untuk bisa mendapat penghasilan. Alhamdulillah ada peternakan ayam yang siap mempekerjakan mereka,” tandas Ngapuli.

Terkait penghasilan, untuk awal masuk mereka yang bekerja mendapatkan penghasilan bersih perbulan Rp 400.000. Setiap tiga bulan akan naik upahnya tergantung kinerja. Mereka juga mendapat makan 3 kali sehari serta mendapat tempat tinggal.

Tugas mereka, katanya, memberi makan ayam petelur dan mengumpulkan telur ayam yang ada di kandang. Ada juga sebagai penjaga pintu gerbang perusahaan dan ada bagian penerapan telur yang akan dikirim ke agen.

“Penyaluran kerja ini menjadi salah satu Key Performance Indicators (KPI) yang menjadi target panti. Sekarang sedang kami usahakan bekerja di perkebunan Kalimantan,” kata Ngapuli. (ang)