Gelar MTQ Banten Pemkab Serang Siapkan Rp 2,8 Miliar

Koranbanten.com – Menghadapi MTQ Banten yang akan dihelat di Kabupaten Serang, Pemerintah Kabupaten Serang terus menggejot berbagai persiapan untuk meraih prestasi dan menjadi tuan rumah yang baik diantaranya menggelar rapat koordinasi di Aula Tb Suwandi Setda Kabupaten Serang, Senin (27/2).

Bupati Serang Tatu Chasanah dalam sambutannya mengatakan, sesuai rencana dan jadwal MTQ akan digelar pada 17-21 April mendatang. Untuk pelaksanaan MTQ ini Pemkab Serang mengalokasikan dana Rp2,8 miliar untuk kafilah, desk informasi, kebersihan dan lainnya. Dalam pelaksanaan MTQ ini juga Pemprov Banten mengalokasi dana untuk tenda, kursi, makan minum, sarana prasarna di 11 titik lomba, pawai ta’ruf.

“Untuk pemondokan kafilah, sudah inventarisasi hotel. Akan diinformasikan ke kabupaten dan kota yang akan menjadi peserta, terkait kapasitas, fasilitas, tarif, dan lain-lain, pelasksanaan MTQ Banten nanti akan dipusatkan di Anyer,” ujarnya.

Lanjutnya bahwa Pelaksanaan MTQ Provinis Banten di Kabupaten Serang tersebut, diharapkan menjadi moment bagi semua kalangan Khususnya masyarakat Kabupaten Serang untuk membangun masyarakat Kabupaten yang Qurani.

“Soal menang atau kalah dalam MTQ hanya bentuk penghargaan duniawi bagi kita. Akan tetapi menanamkan rasa cinta terhadap Alquran adalah lebih penting dari semua prestasi tersebut, rasa cinta di sini yang kita maksud adalah cinta mempelajari Alquran, cinta membaca Alquran, cinta memahami isi kandungan Alquran, serta cinta kepada pengamalan terhadap nilai-nilai dalam Alquran yang merupakan pedoman hidup bagi umat manusia,’’ ujar Tatu.

Selanjutnya Tatu menyerahkan komando rapat kepada Irawan Noor, Asda II Setda Kabupaten Serang yang juga menjabat Ketua Panitia Lokal MTQ XIV tingkat Provinsi Banten.

Irawan Noor, Asda II Setda Kabupaten Serang mengatakan, bahwa kesuksesan MTQ ini adalah tanggungjawab bersama pemerintah dan masyarakat, karena Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Serang sifatnya adalah penyelenggara yang memfasilitasi terlaksananya kegiatan tersebut, sedangkan teknis lomba dan segala materi dan yang terkait dengan lomba sepenuhnya menjadi tugas dan tanggungjawab LPTQ Banten.

Lanjutnya, meski ada pemindahan lokasi yang awalnya akan dilaksanankan di Hotel Marina, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang tapi ternyata Hotel Marinna luasnya tidak maksimal, kemungkinan bakal melakukan evaluasi dipindah di halaman belakang Hotel Sol Elite Marbella tidak menjadi satu halangan dan mengurangi kesiapan Pemkab Serang sebagai tuan rumah MTQ.(Kie/Sinta).