Generasi Muda: Saatnya Pendidikan dan Pembangunan Merata

 Di Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ini mereka menitipkan mimpi pemerataan pendidikan hingga infrastruktur di seluruh Indonesia.

“Mimpi saya bagi Indonesia adalah saya berdoa semoga pendidikan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke bisa merata dan tidak hanya terfokus di Pulau Jawa. Saya harap, anak-anak di ujung Pulau, bisa merasakan pendidikan yang sama dengan saya karena melalui pendidikan, saya rasa lingkaran kemiskinan bisa berkurang,” kata Agustinus Dwi Antoro, Jumat (19/5/2017).

Selain itu milenial detikcom juga berharap pembangunan sarana dan prasarana tidak jawa centris. Dia juga berharap akses jalur antarprovinsi hingga tingkat kampung mulus tak berlubang.

“Pembangunan transportasi tidak terpusat di Jawa saja, luar jawa harus di bangun dengan serius dan tidak di cicil, contoh tol Trans Sumatera harus dibangun segera dari Banda Aceh hingga Lampung tersambung. Jalan mulus, tidak berlubang, baik jalan antar provinsi, kabupaten, kota hingga kampung. Saluran air kotor tersedia dengan baik,” urai Lilik Marjuki.

Tak hanya itu milenial detikcom juga berharap ada jalan pedestrian yang nyaman dilalui. Adnin Aeni mengusulkan ada tiang pembatas agar bebas pengendara motor.

“Ingin seluruh daerah di Indonesia, kota besar atau kecil dilengkapi pedestrian ramah pejalan kaki. Dibatasi tiang-tiang pembatas agar tidak dipakai pengendara bermotor,” kata Adnin.

Ada juga yang berharap supaya Indonesia menjadi tuan di negaranya. Rahardi Muhammad menegaskan Indonesia sudah merdeka dan harus merdeka.

“Di Harkitnas yang kesekian kalinya, saya berharap Indonesia menjadi ‘tuan’ di negaranya sendiri. Saya juga rakyat Indonesia (bermimpi) bisa hidup aman, damai, sejahtera, tidak bingung dengan harga makanan pokok yang naik, gaji yang kecil, layanan kesehatan yang sulit dijangkau, biaya pendidikan yang mahal. Indonesia sudah merdeka, dan harus tetap merdeka. Jadilah ‘tuan’ di negerimu sendiri,” tegas Rahardi.

Sementara itu, pembaca Fajar Perkasatama punya 10 mimpi memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2017. Di antaranya tentang kesehatan gratis hingga jaminan hidup bagi warga yang tak punya pekerjaan.

“Sedikit dari banyaknya mimpi untuk kejayaan NKRI,” kata Fajar.

Berikut ini mimpinya:

1. Kesehatan Gratis
2. Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi (milik pemerintah)
3. Korupsi dan budaya korupsi hilang dari NKRI
4. Diberikan Jaminan Hidup bagi warga negara yang belum mempunyai pekerjaan
5. Zakat dipakai sebagai komponen pengurang Pajak
6. Polisi dan perangkat Hukum yang bersih dari KKN
7. Tumbuh dan bekembang Budaya Penelitian, dan semakin besar dukungan Pemerintah
8. Ditempatkan Komplek Militer Mini di Perbatasan dan Pulau Terluar
9. Terkoneksinya Jaringan Radar yang ada di Indonesia, sehingga tidak ada wilayah yang bolong dan mudah dimasuki negara lain.
10. Penetapan Area Mandatory Penanaman Jenis Tanaman Pangan dan Tanaman Produksi pada setiap daerah, sebagai contoh Penanaman Sawit khusus di Riau, dan sebagainya. @OPIK