Gerakan Tanam Jagung Demi Terciptanya Swasembada Pangan

koranbanten.com – Dinas Pertanian Provinsi Banten Rabu, (8/3) mengadakan gerakan tanam jagung yang bertempat di Desa Bulakan, Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak, Banten.
Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dinas Pertanian Provinsi Banten yang bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Lebak, Kementrian Pertanian, TNI, Bulog, Perum Perhutani dan Gabungan Perusahaan Pakan Ternak

Kegiatan gerakan tanam ini merupakan gerakan peningkatan perluasan tanam jagung di Provinsi Banten yang telah dilaksanakan di lahan-lahan yang sebelumnya belum pernah ditanami jagung atau sebelumnya pernah ditanami jagung.
Tujuannya untuk mempercepat sasaran pembangunan pertanian guna pencapaian swasembada pangan nasional yang salah satunya lewat tanam jagung.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, H. Agus M Tauchid saat ditemui pada kegiatan tersebut menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakaan hasil koordinasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan jagung di Provinsi Banten.

“Provinsi Banten mendapat tugas dalam pengembangan swasembada pangan yang salah satunya yaitu jagung. Program ini juga merupakan salah satu program unggulan yang masuk dalam target RPJMN dan RPJMD guna membantu ketersediaan pangan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Agus Tauchid.

Ditambahkan oleh, Perwakilan Kementrian Pertanian RI selaku penangungjawab Upaya Khusus (UPSUS) Provinsi Banten Abdul Basit, dikatakan Provinsi Banten memiliki potensi besar sebagai sentra tanaman jagung karena memiliki lahan yang kering dan luas. “Saya berharap mulai di Tahun 2017 kita stop impor jagung dan itu di mulai dari Banten,”. Papar Abdul Basit.

@ADVERTORIAL