Makanan Ini Sebabkan Perut Kembung pada Ibu Hamil

kesehatanSetiap orang tentu pernah mengalami masalah perut, baik pada bayi baru lahir ataupun orang dewasa, termasuk ibu hamil. Bisa jadi penyebabnya adalah makanan. Kebiasaan makan yang tidak tepat, seperti menelan udara saat mengunyah dapat membuat Ibu hamil mengalami perut kembung.

Terlebih pada saat kehamilan, beberapa makanan diduga menjadi pemicu masalah perut. Terkadang beberapa ibu menyusui pun menderita masalah perut, karena makanan ini. Berikut ini beberapa makanan pemicu perut kembung saat kehamilan:

1. Apel
Meskipun apel efektif meningkatkan kesehatan pencernaan, namun buah ini juga mengandung pektin (karbohidrat) yang dapat memicu gas.

2. Mentimun
Mentimun, sayuran kaya air yang juga dapat menyebabkan gas. Mentimun juga menyebabkan kita sering sendawa. Nah, bagi wanita hamil harus menghindari makan mentimun, karena menyebabkan masalah perut.

3. Jagung
Sangat sedikit orang yang bisa mencerna jagung dengan mudah. Makan jagung juga dapat menyebabkan perut kembung atau sakit perut.

4. Gorengan
Gorengan sangat sulit untuk dicerna. Itulah sebabnya makanan yang digoreng dan berlemak, seperti daging atau kentang goreng, harus dihindari terutama selama kehamilan untuk menghindari masalah perut.

5. Kentang
Kentang padat dengan pati. Inilah yang memperlambat pencernaan dan membuat bakteri dalam usus besar memecah makanan tidak tercerna yang akhirnya menyebabkan gas.

Sumber: kompas.com