Hamil, Wajib Pilih Kosmetik Aman!

hamilSaat hamil, bukan berarti Anda tak bisa merawat diri. Tapi, ibu hamil memang harus lebih berhati-hati saat memilih kosmetik untuk perawatan wajah dan tubuh. Pasalnya, ada beberapa zat dalam kosmetik yang bisa membahayakan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut kandungan kosmetik yang aman digunakan oleh ibu hamil.
Pelembap

Tinted moisturizer adalah produk alas bedak, sekaligus pelembab. Teksturnya ringan dan tak terlalu bertahan lama di wajah, tapi tetap bisa membuat Anda terlihat segar. Situs Total Beauty, memberi rekomendasi merk Juice Beauty SPF 30 Tinted Moisturizer, karena selain melembabkan juga melindungi dari bahaya UV. Anda cukup menggunakannya tipis saja.
Tabir Surya

Pilih yang memiliki kandungan zink oksida (zinc oxyde)  dan titanium yang tidak menembus kulit, namun dapat menyaring sinar ultraviolet. Merk Badger Sunblock for Face and Body bisa jadi pilihan, karena komposisinya dari bahan natural dan teksturnya juga ringan, bila dibandingkan dengan produk sejenisnya.
Pelembap & Pemulas Bibir

Situs Smart Mommy Healthy Baby menyarankan produk Burt’s Bee. Merk ini menyediakan produk bibir, seperti lip balm, lip shimmer, dan lip gloss. Semua kosmetik bibir Burt’s Bee adalah natural, dan terpenting, produk ini tidak mengandung paraben, petrochemical, atau bahan sintetik lainnya.
Bedak

Merk Pürminerals seperti yang direkomendasikan situs Smart Parenting dapat jadi pilihan, karena produk-produknya bebas paraben, SLS, lanolinmineral oil, petrolatum, DEA, formaldehyde, dan hydroquinone.
Anti-stretch Mark

Biasanya stretch mark mulai muncul pada usia kehamilan 4-5 bulan. Pilih produk yang mengandung alpha hydroxy acid atau AHA, yang fungsinya sama dengan kebanyakan exfoliant, yaitu melenyapkan kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru.
Yang perlu diingat, hindari membeli produk kecantikan di sembarang tempat. Biasakan membeli kosmetik di store resmi atau toko khusus ibu dan bayi. Ini agar terjamin keamanannya untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Pastikan, setiap produk perawatan yang akan dibeli tidak mengandung zat berbahaya. Ada baiknya, sebelum menggunakan produk kosmetik tertentu, Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter spesialis kandungan.

sumber : kompas.com