Harga Emas Dunia Naik 8,80 Dollar AS

Koranbanten.com – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange memperpanjang kenaikannya pada Selasa (6/10/2015) waktu setempat (Rabu pagi WIB) untuk hari ketiga berturut-turut, mencatat penutupan tertinggi sejak 24 September.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember ditutup naik 8,80 dollar AS atau 0,77 persen, menjadi menetap di 1.146,40 dollar AS per ounce.

Para analis mengatakan, emas berjangka terus mendapatkan dukungan seiring dengan lemahnya data ekonomi AS baru-baru ini. Termasuk data ketenagakerjaan yang dirilis Jumat lalu, ternyata lebih rendah dari perkiraan, sehingga investor yakin bahwa Federal Reserve akan menunda menaikkan suku bunganya menjadi tahun depan.

Selain itu, emas juga diuntungkan oleh pelemahan dollar AS, yang jatuh terhadap mata uang utama lainnya seiring denagn turunnya ekspektasi pasar akan kenaikan suku bunga the Fed.

Di sisi ekonomi, defisit perdagangan barang dan jasa internasional Amerika Serikat meningkat menjadi 48,3 miliar dollar AS pada Agustus dari revisi 41,8 miliar dollar AS pada Juli, Departemen Perdagangan melaporkan Selasa. Analis mencatat bahwa emas terus meningkat setelah data dirilis pada Selasa pagi.

Sementara perak untuk pengiriman Desember menambahkan 27,60 sen atau 1,76 persen ditutup pada 15,984 dollar AS per ounce, sementara platinum untuk pengiriman Oktober naik 21,80 dollar AS atau 2,39 persen menjadi 934,70 dollar AS per ounce.