Hidup Mewah, Gaji Seadanya, Tapi Mimpinya Kok Jadi Orang Kaya?

KORANBANTEN.com – Ingin memberi hadiah kepada diri sendiri setelah capai bekerja, hmmm, prinsip yang satu itu memang boleh diterapkan dalam hidup kamu. Tapi, jangan salah dalam menerapkannya. Hadiah itu sesuatu yang tidak kamu dapatkan setiap hari, kalau nongkrong sama teman-teman di tempat makan yang mewah kamu anggap sebuah hadiah, maka siap-siap saja untuk bangkrut.

Ada beberapa kebiasaan buruk anak-anak kekinian yang katanya nggak mau ketinggalan zaman soal apapun juga, mulai dari gadget hingga fashion. Jangankan menabung, perut lapar saja terkadang ditahan lantaran memaksakan diri untuk nongkrong sama teman di kafe paling hits yang sering nongol di Instagram. Yaaa, walaupun sebenarnya cuma bisa beli secangkir kopi yang penting foto lalu upload ke sosial media biar bisa dibilang gaul. Beberapa kebiasaan buruk tersebut, yakni.

Membeli sesuatu tanpa dipikir terlebih dahulu.Hmmm, mau kamu lagi punya banyak uang atau pun keuanganmu lagi pas-pasan kamu harus menghindari kebiasaan buruk yang satu ini nih. Sebelum membeli sesuatu baiknya dipikir terlebih dahulu. Kamu memang benar-benar membutuhkannya atau tidak. Selain itu, dilihat juga manfaatnya buat kamu. Jangan membeli sesuatu yang cuma bisa kamu pakai sekali atau dua kali saja.

Pilih barang yang berkualitas, bukannya barang yang mahal atau murah. Jangan membeli barang yang harganya mahal kalau niat kamu cuma mau pamer sama teman-teman kamu. Teman sejati itu tidak berteman hanya karena kamu dan dia setipe alias suka beli barang-barang branded biar terlihat ‘wah’ atau dibilang genk paling gaul se-Ibu Kota.

Nongkrong si boleh-boleh saja, tapi coba kamu atur waktu supaya tidak menghabiskan tenaga dan tentu saja uang kamu. Kebiasaan nongkrong kamu sebenarnya bisa merusak program untuk menabung. Kalau mau jadi orang kaya yang dibutuhkan bukan hanya kerja keras, tapi kamu juga harus memiliki kebiasaan yang bermanfaat, menabung salah satunya. Mungkin kamu belum bisa merasakannya langsung, tapi lihat nanti ketika tabunganmu sudah bertumpuk. Semua pengorbananmu selama ininggak akan pernah terbuang sia-sia.