Homestay,Pariwisata Berbasis Atraksi

koranbanten.com – Jika selama ini di tempat-tempat wisata biasa di penuhi hotel mewah, yang menyuguhkan tempat menginap yang nyaman. homestay mungkin gaya baru dalam konsep pariwisata.

Homestay merupakan Konsep yang tidak hanya menawarkan penginapan saja, melainkan Program Homestay diisi dengan menyuguhkan aktivitas masyarakat  yang bisa menjadi Unique Selling atraksi wisata seperti proses pembuatan gula merah kelapa, emping , cocok tanaman atau menyaksikan kesenian tarian yg sederhana dalam mengisi waktu wisatawan saat bermalam di Homestay. Demikian juga tour berkunjung ke object-object wisata terdekat.

Program homestay memberi warna baru yang bias membuat wisatawan betah dengan tetap meng adopt tujuh resep ampuh dalam Pengembangan Pariwisata yg di sebut dgn Sapta Pesona .

Ada kisah  nyata contoh konkrit pengalaman dari Presiden Indonesia saat ini, Bapak Jokowi pernah bermalam di homestay Korea Selatan. Selama menginap Presiden bisa melihat masyarakat membuat kimchi yang merupakan Makanan khas Korea dan aktivitas masyarakat lainnya. Sungguh  luar biasa bila Homestay saja sudah bisa diakui dan menjadi hunian Kepala Negara.

Artinya pemahaman Homestay sudah merakyat dan mendunia. Serta menjadi daya tarik tersendiri. Ingat  Pariwisata Itu Bukan Fasilitas Tetapi Aktraksi. PR baru kita bersama adalah bagaimana bisa ada Tourist yg wara wiri. seperti banyuwangi ,jogja ,NTB dan Bali.(wir)