Irvan (Ivan) Menolak Sepada Pemberian Jokowi

ivanNama lengkap bocah ini Irfan Hakim. Usianya baru menginjak 11 tahun. Namun, keluarga, rekan sekampung, ataupun teman di sekolah memanggilnya Ivan. Bocah berperawakan kurus, tinggi, dan berkulit sedikit gelap ini lumayan mirip dengan postur Presiden Joko Widodo dalam bentuk mini.

Nama Ivan mendadak menjadi bahan pembicaraan lantaran berani menolak hadiah sepeda “bencong” dari Presiden Jokowi yang sedang berkunjung ke SMP Negeri 4 Pontianak Timur, Sabtu (22/8/2015).

Keberanian yang diucapkan Ivan secara spontan untuk menolak hadiah sepeda berwarna pink membuat semua orang yang hadir tertawa terpingkal-pingkal.

Ivan yang saat ini duduk di kelas IV SD Negeri 5 Pontianak Timur masih tak menyangka kalau dia mendapat hadiah dari seorang Presiden. Impian setahun terakhir ini untuk memiliki sebuah sepeda akhirnya terwujud dengan cara yang akan dikenang seumur hidup.

Ivan merupakan putra bungsu dari lima bersaudara pasangan Ismail (47) dan Jamilah (46). Ivan tinggal bersama keluarganya di Gang Harmonis, Kampung Tanjung Pulau, Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sekilas, tempat tinggal Ivan berada di permukiman padat penduduk yang mayoritas dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Akses menuju rumahnya pun hanya sebuah gang sempit berukuran tak lebih dari satu meter. @Liliana Permatahari