Jalan Kaki Mencegah Gejala Stroke

koranbanten.com-Penting sekali untuk Anda mengetahi mulai sejak awal tentang penyebabnya penyakit stroke. Penyakit stroke yaitu penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan reaksi pada jaringan otak akibat ada penyumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah pada otak hingga membuat pasokan darah dan oksigen yang menuju otak jadi menyusut dan menyebabkan rusaknya atau matinya sel saraf pada otak. Saat ini jumlah penderita stroke di Indonesaia makin bertambah, dan stroke juga adalah penyakit yang begitu beresiko karena dapat mengakibatkan kelumpuhan sisi tubuh sampai kematian.

Menurut penelitian yang menganalisa kebiasaan sehat 39.315 tenaga kesehatan perempuan ditemukan, mereka yang jalan kaki dengan kecepatan lebih dari 3 mil perjam atau lebih, risikonya terkena stroke 37 persen lebih rendah.

Sementara itu wanita yang melakukan olahraga jalan kaki dua jam atau lebih setiap minggu, penurunan risikonya sampai 30 persen.

“Aktivitas fisik, termasuk jalan kaki rutin, sangat penting dalam pencegahan stroke. Aktivitas fisik ini akan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah,” kata Jacob R.Sattelmair dari Harvard School of Public Health.

Selain malas bergerak, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan terkena stroke. Misalnya saja merokok, obesitas, sering menderita migrain, serta penggunaan hormon setelah usia menopause.