Jalan Sepanjang Mengger-Caringin “Butuh” PJU

koranbanten.com-Sepanjang jalan dari Mengger menuju Caringgin, sampai saat ini jalur tersebut masih kurang penerangan jalan umum (PJU) nya. Padahal jalan itu sering dilalui kendaraan-kendaraan wisatawan yang hendak menuju Carita, atau jalan alternatif menuju kawasan wisata pantai di wilayah Kabupaten Pandeglang. Hal ini terlihat bila malam hari, dimana sepanjang jalur yang membelah gunung Pulosari itu, sangat gelap gulita tanpa penerangan sama sekali, sehingga dikhawatirkan terjadinya tindakan kriminal terhadap para pengendara yang melalui jalur tersebut.

“Kami sangat bergarap Pemerintah Kabupaten maupun Pemprov Banten, untuk segera
memasang PJU disepanjang jalur tersebut, dari mulai Mengger sampai Caringin, sehingga jalur alternatif menuju kawasan wisata, dapat dilalui bila malam hari,” ujar Kamdan warga Pandat, Kecamatan Mandalawangi, pada wartawan belum lama ini.

Seperti halnya Kecamatan Mandalawangi, yang menurut Kamdan, adalah kecamatan yang posisinya pas ditengah-tengah antara jalur Mengger-Caringin. Sehingga ia menganggap jalur yang melewati wilayah kecamatannya tersebut, seperti wilayah yang terisolir, karena memang bukan saja letak wilayah yang ada di bahu gunung Pulosari, ditambah minimnya PJU sepanjang jalan itu bila malam sudah tidak ada yang berani untuk melewatinya lagi, lantaran kondisinya yang mencekam dan sangat gelap.

“Saya kira permintaan ini tidaklah muluk-muluk, karena memang keberadaan PJU itu sangat penting, terutama bila Pandeglang ingin melakukan mengembangkan wilayahnya. Kan sayang, jalun Mengger-Caringin yang selalu padat kkendaraan dari mulai pagi sampai sore, tetapi bila sudah melewati jam 7 malam, seperti jalur mati yang sama sekali tidak ada kendaraan yang melewatinya. Karena memang jalan sepanjang kurang lebih 20 Km tersebut, adalah jalan yang membelah gunung dan kawasan hutan rakyat di pegunungan Pulosari dan Aseupan,” tambahnya.

Masih menurut Kamdan, sepanjang jalan Mengger sampai Caringan masih ada jalan yang kondisinya rusak, meskipun memang tidaklah terlalu parah. Akan tetapi, bila kondisi tersebut tetap dibiarkan, bukan tidak mungkin jalur itu semakin parah, dan akibatnya semakin tidak ada saja wisatawan, atau siapa pun yang mau melewati jalur Mengger-Caringin, yang pada akhirnya wilayah kecamatan-kecamatan yang dilalui, seperti Cimanuk, Mandalawangi, Pulosari, dan Jiput sampai Carita, akan benar-benar sepi serta terisolir.

“Besar harapan kita, mudah-mudahan kedepan Pemkab Pandeglang, maupun Pemprop Banten, bisa membangun atau memperbaiki jalan-jalan yang saat ini kondisinya sudah rusak. Dan yang terpenting adalah PJU sepanjang jalur itu yang menurut saya harus dijadikan sekala prioritas,” harapnya.