Jangan Lakukan Ini Pada Rambut Saat Tidur!

KORANBANTEN.com – Beauty sleep selama ini terkadang hanya dipahami sebagai segala sesuatu tentang kulit wajah dan tubuh. Kita tak sungkan menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk melakoni ritual skincare di malam hari sebelum berangkat tidur.

Padahal beauty sleep di satu sisi lain, adalah berarti juga memperhatikan kondisi rambut saat hendak bersiap tidur. Kurangnya pemahaman akan hal tersebut, membuat kita kerap alpa melakukan sederet kebiasaan yang mestinya dihindari saat hendak tidur.

Lalu apa saja yang tidak boleh dilakukan terhadap rambut saat hendak tidur? Baca uraiannya di bawah ini, seperti dilansir Byrdie, Senin (28/11/2016).

Tidur beralaskan sarung bantal usang

Tahukah Anda bahwa sarung bantal yang dikenakan sehari-hari, memberikan pengaruh yang signifikan pada kondisi rambut Anda? Menggunakan sarung bantal yang usang dan tidak terbuat dari material bahan satin atau silk, meningkatkan resiko timbulnya garis kerutan pada wajah saat tidur, mengurangi kelembapan pada rambut, hingga membuat rambut kering dan kusut. Sebaiknya gunakan sarung bantal dari silk atau satin yang halus agar terhindar dari semua resiko di atas, serta mencegah rambut patah.

Menggerai rambut

Selama ini tidur dengan menggerai rambut dianggap sebagai salah satu cara yang alami menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Namun cara ini ternyata keliru loh, terutama bagi pemilik rambut panjang. Tidur dengan rambut yang tergerai akan meningkatkan resiko terbangun dengan rambut kusut juga rontok. Hal terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan mengikat longgar rambut dalam bentuk bun atau gelungan tepat di sisi atas kepala.

Menggunakan ikat rambut besi

Ketika menguncir rambut di malam hari saat hendak tidur, perhatikan ikat rambut yang digunakan. Banyak dari ikat rambut yang tersedia dan sering digunakan ialah ikat rambut dengan material bahan besi, ini bisa merusak dan mematahkan akar rambut Anda loh! Segera ganti ikat rambut Anda dengan ikat rambut berbahan material kain yang lembut dan bebas besi.

Tidur dengan rambut basah

Bukan rahasia lagi jika tidur dengan keadaan rambut yang basah akan membuat rambut menjadi mudah rontok dan patah. Jika terpaksa sekali tidur dengan keadaan rambut yang basah, pastikan sisir rambut terlebih dahulu sambil mengaplikasikan leave-in conditioner sambil diikat longgar.

Tidur di ruangan bersuhu kering

Tidur dalam ruangan yang kering tidak hanya berefek buruk pada kulit, tetapi juga pada rambut. Jika kamar tidur dirasa terlalu kering dan hampa udara, inilah saatnya untuk menaruh humidifier di kamar tidur Anda. Dengan cara ini tidak hanya mencegah rambut kering, tetapi juga mencegah kulit kering bersisik dan bibir pecah-pecah. @DF