Jasa Raharja Siapkan Posko Kesehatan dan Mudik Gratis

koranbanten.com – Jasa Raharja terus berkomitmen dalam membantu memperlancar kegiatan lebaran 1438 H dan arus mudik yang kerap kali padat dan sarat kecelakaan, dengan telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir korban kecelakaan lalu lintas.

Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi, M.Wahyu Wibowo, menjelaskan ada beberapa serangkaian kegiatan Jasa Raharja dalam menghadapi lebaran, diantaranya adalah pelaksanaan pelayanan Pos Kesehatan Gratis bagi pemudik di beberapa terminal bus, dan stasiun kereta api, dimulai pada H-7 tanggal 18 Juni 2017 s.d H+7 tanggal 2 Juli 2017 untuk seluruh Kantor Cabang dan membuka pos pelayanan kesehatan terpadu gratis sebanyak 214 pos yag tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Posko mudik Jasa Raharja cukup banyak ada sekitar 214 titik, yang tersebar di seluruh Indonesia bergabung bersama kepoisian,” jelas Wahyu.

Jasa Raharja juga turut berpartisipasi dalam kegiatan gelar pasukan PAM Lebaran di Kementerian Perhubungan dan PAM Ramadniya di Monas, ikut berpartisipasi pada Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Kementerian Perhubungan RI, terhitung sejak tanggal 15 Juni 2017 s.d. tanggal 11 Juli 2017.

Sebagai bentuk rasa kekeluargaan, Jasa Raharja mengkoordinir Mudik Bareng Guyub Rukun
Lebaran yang dilaksanakan oleh 28 BUMN di beberapa lokasi yang berbeda, seperti untuk Arus Mudik via Kereta Api di Stasiun Pasar Senen pada 17-18 Juni, via Bus Jakarta di Area Parkir Taman Mini Indonesia Indah, Bus Semarang di Halaman Kantor Gubernur Provinsi JawaTengah dan Bus Surabaya di Lapangan Makodam V Brawijaya. Untuk Lokasi Arus Balik disiapkan di daerah Solo, Malang dan Surabaya.

Menjelang arus mudik lebaran, kembali lagi Jasa Raharja bersama Dinas Perhubungan dan kepolisiaan menggelar mudik gratis dan pelayanan lainnya. “Kami ingin agar para pemudik melakukan mudiknya secra aman dan nyaman. Maka dari itu saya harapkan semuanya berjalan lancar, hingga menuju kampung halaman pun aman dan selamat,” ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan, kunjungannya di Pelabuhan Merak siang tadi, Rabu (21/06) dilakukan untuk memantau apakah persiapan mudik gratis ini benar-benar sudah siap atau belum. Dan mudik gratis ini, katanya, dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, sarana ibadah, toilet berjalan dan tempat istirahat.

Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Cabang Banten, Suhadi, menambahkan bila Jasa Raharja juga memobilisasi Mobil Unit Keselamatan Lalu Lintas (MUKL) yang tersebar pada 111 titik di seluruh Indonesia untuk memberikan pengobatan gratis kepada pengemudi angkutan umum serta optimalisasi Mobil Pelayanan Keliling 11 Kantor Cabang untuk memberikan kemudahan pelayanan santunan kepada masyarakat yang dioperasikan di rumah sakit dan pusat keramaian lainnya.

Untuk mengingatkan pemudik dalam menghindari kecelakaan lalu lintas, disediakan spanduk yang berisi himbauan keselamatan lalu lintas selama pelaksanaan mudik sebanyak 4.250 buah, pemberian Sarana Penanggulangan Kecelakaan sebagai pendukung sarana pengamanan di jalan raya, dan terus memonitor korban laka lantas di Rumah Sakit pada periode H-7 s.d. H+7 untuk mempercepat kepastian jaminan bagi masyarakat yang menjadi korban laka lantas.[jem]