Jokowi Ikuti Saran SBY melalui Twitter

sbyjokowiKoordinator Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul meminta Presiden Joko Widodo mendegar dan mengikuti saran Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono terkait kondisi ekonomi yang saat ini sedang terpuruk. Dengan mengikuti saran SBY, Ruhut meyakini pemerintahan Jokowi bisa terhindar dari krisis ekonomi global, layaknya pemerintah SBY yang lolos dari krisis ekonomi global pada 2008. Selasa, (25/8/2015).
Hal yang penting untuk dijadikan pembelajaran pada krisis ekonomi 2008, kata Ruhut, adalah bagaimana SBY dapat merangkul semua pihak untuk diajak bekerja sama. Ruhut menilai, Jokowi saat ini sudah berusaha keras merangkul berbagai pihak dengan mengundang para pengusaha, kepala lembaga-lembaga tinggi negara, hingga partai politik ke istana. Namun, Jokowi justru masih belum berhasil mengkonsolidasikan kabinetnya sendiri.

Banyak kementerian yang justru berjalan sendiri-sendiri dan tak bisa bekerja sama. Ruhut khawatir, keadaan kabinet yang tidak solid akan membuat cemas masyarakat hingga pelaku usaha.
“Jadi tinggal menteri-menterinya. Itu yang kita mohon. Sudah lah, marilah semangat kebersamaan sesama menteri juga, saling dukung bukan saling cela. Kuncinya di situ saja biar rakyat makin merasa dilindungi,” ucapnya.
Melalui akun twitternya, @SBYudhoyono, SBY sebelumnya meminta Jokowi waspada dengan potensi krisis ekonomi global yang dapat berdampak pada kondisi ekonomi Indonesia. SBY pun meminta Jokowi belajar dari pengalamannya menghindari krisis ekonomi global pada 2008 lalu. @Lia Lestari