Kadis Kominfo Provinsi Banten: Sekolah Menjadi Pusat Perkembangan Informasi

koranbanten.com – Dalam menyongsong Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten menggelar pelatihan jurnalistik dengan judul “Literasi Media bagi Kepala Sekolah dan Guru SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Serang” yang dihelat di Hotel Wisata Baru Kota Serang. Kamis (18/1/2018).

Kegiatan literasi media yang dihadiri oleh seluruh kepala sekolah dan perwakilan guru se Kabupaten Serang ini, Kepala Diskominfo Provinsi Banten, Komari mengatakan, pendidikan di sekolah menjadi pusat perkembangan informasi.

“Dalam dunia pendidikan, sekolah menjadi tempat pertama perkembangan ilmu pengetahuan dan menjadi pusat kemajuan informasi, budaya, sosial, serta pola perkembangan yang melingkupi kebidupan manusia,” jelas Komari.

Literasi media, Komari menambahkan, bukan untuk yntuk menggurui, tetapi menjadi sarana diskusi tentang konteks teori jurnalistik dan sebagai media jaringan informasi, yang objek atau sasarannya adalah bagaimana meningkatkan aspek kualitas anak dalam hal menulis.

“Informasi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. Terbukti kita bangun tidur saja hal pertama yang dicari adalah hp. Ini adalah bukti bila manusia sanvat membutuhkan i formasi,” pungkasnya.

Komari menilai, guru juga menjadi sumber informasi bagi generasi penerus bangsa.

“Guru menjadi salah satu sumber informasi, karena guru yang pertama kali mendesain berbagai sumber informasi yang diberikan kepada peserta didik. Dalam hal ini dalah pendidikan. Oleh karena itu, guru senantiasa menanamkan pengetahuan tentang literasi media agar perkembangan informasi yang dikonsumsi anak, bisa tepat dan berkembang secara seharusnya,” katanya.(Iman)