Kalah 1-4, India Menjadi Negara Keempat yang Bisa Mengalahkan Indonesia Sepanjang Gelaran Piala Sudirman

Tim Indonesia di Piala Sudirman 2017 harus mengalami kekalahan pertamanya di tangan India. Bertanding dengan Pusarla V Sindhu dan kolega, Indonesia harus terpaksa menyerah dengan skor 4-1.

Satu poin bagi Indonesia berhasil disumbangkan oleh pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Peraih medali emas All England 2017 itu berhasil mengalahkan pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Kekalahan itu menjadi rekor baru bagi Indonesia karena sebelumnya hanya ada tiga negara yang berhasil mengalahkan Indonesia di sepanjang sejarah gelaran Piala Sudirman. Mereka adalah China, Korea, dan Denmark.

Bahkan, Indonesia tercatat selalu masuk minimal ke babak semifinal sejak Piala Sudirman digelar pertama kali pada 1989. Hal tersebut terjadi pada Piala Sudirman 2013 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan kekahalan dari India itu, Indonesia memiliki langkah berat untuk bisa lolos dari babak penyisihan grup. Sebab, Indonesia harus bertemu lawan tangguh yakni Denmark yang memiliki rekor baik ketika bertemu dengan Indonesia. @OPIK