Kebun Binatang Surabaya punya aplikasi selular

Kebun Binatang Surabaya kini punya aplikasi mobile “Surabaya Zoo” yang berisi mengenai informasi seputar binatang yang dimiliki, jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, “permainan interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang”.

“Hadirnya aplikasi tersebut bertujuan untuk memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat tentang fungsi taman satwa, sekaligus mendukung pelestarian satwa Indonesia, khususnya yang dikelola di Kebun Binatang Surabaya,” kata Chief Information Officer Indosat Herfini Haryono .

Dia mengatakan, aplikasi yang dibuat sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab perusahaan (CSR) ini mempunyai tampilan yang menarik, mudah untuk digunakan, interaktif, dan menyenangkan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki fasilitas dwi-bahasa.

Dia berharap dengan aplikasi “mobile edutainment” ini juga menjadi sarana upaya pengumpulan dana yang transparan (auditable) untuk membantu konservasi serta sarana edukasi secara digital tentang kebun binatang, sekaligus akan mendorong dan meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya.

Pjs. Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya Aschta Nita Boestani Tajudin, mengatakan gembira dan bangga dengan hadirnya Aplikasi Surabaya Zoo, yang memudahkan masyarakat berpartisipasi membantu konservasi Kebun Binatang Surabaya serta edukasi digital tentang Kebun Binatang Surabaya.

Surabaya Zoo Apps juga menyajikan menu Donate & Gives Loves, yang mengajak masyarakat berpartisipasi untuk membantu konservasi melalui program sms donasi ke hewan favorit pilihannya. Adapun nilai nominal donasi yang dapat dipilih sebesar Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 25.000 dan Rp 50.000 yang hanya dapat dilakukan oleh pelanggan Indosat.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh pengembang Indonesia yang telah mendapatkan prestasi sebagai technopreneur muda yaitu Sandy Colondam.

Sandy pernah 5 kali memenangi program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), sebuah kompetisi inovasi aplikasi wireless yang diselenggarakan secara tahunan oleh Indosat sebagai bagian dari kegiatan CSR perusahaan untuk terus mendorong generasi muda Indonesia menciptakan berbagai aplikasi mobile.

Masyarakat dan pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android dengan mengunduh aplikasi “Surabaya Zoo” melalui layanan Google Play Store secara cuma-cuma.

Sebelumnya, Indosat juga telah meluncurkan Aplikasi Ragunan Zoo pada akhir Mei lalu sebagai dukungan implemetasi “smart city” yang dicanangkan pemerintah.

Sumber : antara.com