Keindahan Pantai Sawarna di Selatan Banten Terancam

Banten ā€“ Keindahan Surga tersembunya di Selatan Banten, Pantai Sawarna di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, sempat naik daun di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Namun, mungkin semua itu kelak tinggal nama saja. Kecantikan Sawarna Kini tercoreng oleh ulah wisatawan dan warga setempat.
Mereka membuat pantai cantik dan Indah itu menjadi kumuh, kotor, penuh sampah dan tidak terawat .

Tangan jahil wisatawan tak berhenti di situ. Tidak terhitung jumlah coretan di sejumlah tempat di lokasi wisata. Kebanyakan menuliskan nama atau inisial untuk meninggalkan jejak namun hal itulah yang sangat merusak keindahan pantai di Selatan Provinsi Banten ini.

Wajah Sawarna semakin suram dengan berserakannya minuman kaleng, botol, kantong plastik, puntung rokok, hingga sisa bungkus makan di sepanjang bibir pantai. Belum lagi keberadaan bangunan warung dan parkir motor yang dikelola pemerintah desa setempat justru membuat kondisi pantai di Sawarna semakin kumuh.

Tokoh pemuda Desa Sawarna, Asep alias Akew mengakui sejumlah pantai di Desa Sawarna kumuh, kotor, dan jorok. Ini disebabkan karena tidak adanya ketegasan dari pemerintah desa setempat sebagai pengelola pantai.

sumber : liputan6.com